Plt Kepala Keamanan Dalam Negeri AS Kevin McAleenan. (Foto: AFP)
Plt Kepala Keamanan Dalam Negeri AS Kevin McAleenan. (Foto: AFP)

Plt Kepala Keamanan Dalam Negeri AS Mengundurkan Diri

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 12 Oktober 2019 10:00
Washington: Pelaksana tugas Kepala Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Kevin McAleenan, mengundurkan diri usai bertugas selama enam bulan di posisi tersebut.
 
Dalam sebuah tulisan di Twitter, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa McAleenan mundur karena ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya. Pengganti McAleenan akan diumumkan pekan depan.
 
Berusia 48 tahun, McAleenan adalah orang keempat yang menjadi kepala Keamanan Dalam Negeri AS di bawah kepemimpinan Trump. Ia bertugas saat Trump menerapkan sejumlah kebijakan ketat terkait kedatangan gelombang imigran di wilayah yang berbatasan dengan Meksiko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami telah melakukan pekerjaan yang luar biasa mengenai perbatasan. Kevin saat ini, setelah bekerja selama bertahun-tahun di pemerintahan, ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan juga berencana bekerja di sektor privat," ungkap Trump, dikutip dari BBC, Sabtu 12 Oktober 2019.
 
McAleenan menjadi plt Kepala Keamanan Dalam Negeri AS usai mundurnya Kirstjen Nielsen dari jabatan tersebut pada April lalu.
 
Selama pemerintahan Presiden Barack Obama, McAleenan bertugas sebagai wakil komisioner Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP). Pada 2015, ia menerima penghargaan sipil tertinggi dari Obama.
 
Tiga tahun kemudian, dia menerima gelombang kritik dari sejumlah pihak karena menjalankan kebijakan keras Trump yang berujung pada pemisahan keluarga imigran di perbatasan selatan AS.
 
Sebelumnya pada bulan ini, media Washington Post menyebut McAleenan semakin terasing dalam pemerintahan Trump, karena ada lebih banyak tokoh yang vokal dalam menyuarakan dukungannya kepada Trump.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif