Drone Globak Hawk milik AS yang ditembak Iran. (Foto: AFP).
Drone Globak Hawk milik AS yang ditembak Iran. (Foto: AFP).

Pentagon Konfirmasi Iran Tembak Jatuh Drone Pengintai AS

Internasional amerika serikat iran
Fajar Nugraha • 20 Juni 2019 19:50
Washington: Pihak Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon memberikan konfirmasi bahwa Iran menembak jatuh drone atau pesawat tak berawak pengintai mereka. Namun drone itu menurut Pentagon ditembak di wilayah udara internasional.
 
Baca juga: Iran Klaim Tembak JatuhDroneAS.
 
Drone BAMS-D ditembak jatuh oleh sistem rudal darat milik Iran saat terbang di wilayah udara internasional, tepatnya di Selat Hormuz,” ujar Juru Bicara Pusat Komando AS Kapten Marinir Bill Urban, dalam pernyataan yang dikutip AFP, Kamis, 20 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Laporan bahwa pesawat itu jatuh di atas wilayah Iran adalah palsu. Ini adalah serangan tidak beralasan terhadap aset pengawasan AS di wilayah udara internasional,” imbuhnya.
 
Sementara pasukan Garda Revolusi Iran menegaskan bahwa drone itu jelas ditembak di atas wilayah udara Negeri Mullah. Mereka mengatakan drone itu berjenis Global Hawk.
 
“Drone Global Hawk buatan AS itu dijatuhkan dengan rudal setelah melanggar ruang udara Iran di atas perairan Provinsi Hormozgan,” kata Garda dalam sebuah pernyataan.
 
Militer Iran tidak segera mempublikasikan gambar drone.
 
Insiden itu terjadi pada saat pertikaian yang tumbuh antara Iran dan Amerika Serikat menyusul dua gelombang serangan yang masih tidak jelas pada jalur pengiriman minyak di Teluk Oman. AS menuding Iran berada di balik serangan tersebut.
 
Iran telah membantah keterlibatan apapun dalam serangan terhadap tanker di Teluk Oman. Mereka mengisyaratkan bahwa AS mungkin telah mengatur serangan itu sendiri untuk memberikan alasan untuk penggunaan kekuatan terhadap Iran.
 
“Penembakan terhadap drone itu adalah ‘pesan yang jelas’ bahwa Iran akan mempertahankan perbatasannya,” kata kepala Garda Revolusi Hossein Salami.
 
“Iran akan menanggapi semua agresi asing dan reaksi kita adalah dan akan, kategoris dan absolut,” tegas Salami, dikutip oleh kantor berita Tasnim.
 
"Kami menyatakan bahwa kami tidak mencari perang tetapi kami siap untuk menanggapi setiap deklarasi perang," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif