Ilustrasi drone. (Foto: TVNZ).
Ilustrasi drone. (Foto: TVNZ).

Iran Klaim Tembak Jatuh Drone AS

Internasional as-iran
Marcheilla Ariesta • 20 Juni 2019 12:35
Teheran: Garda Revolusi Iran mengklaim telah menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS). Klaim ini disampaikan kantor berita Iran, IRNA.
 
IRNA melaporkan drone itu ditembak ketika memasuki wilayah udara Iran dekat distrik Kouhmobarak di provinsi Hormozgan, Iran selatan.
 
IRNA mengutip Pengawal Revolusi paramiliter mengidentifikasi pesawat tanpa awak itu sebagai RQ-4 Global Hawk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari TVNZ, Kamis, 20 Juni 2019, seorang juru bicara Komando Pusat AS, Kapten Bill Urban, menolak berkomentar mengenai klaim Iran tersebut. "Tak ada pesawat tanpa awak di wilayah Iran," kata dia.
 
Klaim penembakan pesawat ini dilaporkan terjadi di tengah ketegangan meningkat antara Iran dan AS. Ketegangan kembali terjadi di antara dua negara lantaran Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran.
 
Baca juga:Indonesia Minta AS-Iran Redakan Ketegangan
 
Baru-baru ini ketegangan kembali meningkat usai AS menuduh Iran dalang dari penyerangan dua kapal tanker di perairan Oman. AS bahkan merilis bukti-bukti yang menunjukkan Iran bersalah.
 
Pertama kali mereka merilis sebuah video yang menunjukkan Iran menyerang kapal tanker di perairan Teluk Oman tersebut.
 
Dalam video tersebut terlihat pasukan Iran mengeluarkan sebuah ranjau laut yang tidak meledak di salah satu dari dua kapal tanker. Kemudian mereka merilis foto-foto ranjau laut Iran yang merusak dan tidak meledak di salah satu kapal.
 
Iran membantah tuduhan tersebut. Presiden Iran, Hassan Rouhani juga mengatakan tidak akan berperang dengan negara mana pun terkait dengan hal ini.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif