Dubes AS untuk Swiss Edward McMullen (kiri) berpelukan dengan Xiyue Wang, Sabtu 7 Desember 2019. (Foto: US EMBASSY BERN/AFP)
Dubes AS untuk Swiss Edward McMullen (kiri) berpelukan dengan Xiyue Wang, Sabtu 7 Desember 2019. (Foto: US EMBASSY BERN/AFP)

AS dan Iran Bertukar Tahanan

Internasional as-iran
Willy Haryono • 08 Desember 2019 11:05
Washington: Amerika Serikat dan Iran bertukar tahanan dalam sebuah skema perjanjian yang jarang terjadi antar kedua negara, Sabtu 7 Desember 2019. Pertukaran melibatkan seorang peneliti AS keturunan Tiongkok dan satu ilmuwan Iran.
 
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengaku senang atas pertukaran tahanan ini. Beberapa jam setelahnya, Presiden AS Donald Trump juga mengutarakan kegembiraannya via Twitter.
 
"Terima kasih kepada Iran atas negosiasi yang sangat adil. Lihatlah, ternyata kita berdua bisa mencapai sebuah kesepakatan!" ungkap Trump, dikutip dari laman BBC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xiyue Wang ditangkap di Iran pada 2016 atas tuduhan "berkolaborasi dengan sejumlah pemerintah asing." Sementara Massoud Soleimani, seorang ilmuwan sel punca, ditangkap di bandara Chicago tahun lalu atas tuduhan melanggar sanksi perdagangan terkait ekspor material biologi ke Iran.
 
Wang dan Xiyue sama-sama berterima kasih kepada Pemerintah Swiss yang telah menjadi mediator skema pertukaran tahanan.
 
Usai dibebaskan, Wang diterbangkan dari Teheran ke Zurich dengan menggunakan pesawat milik Pemerintah Swiss. Dari Zurich, Wang diterbangkan ke Pangkalan Udara Ramnstein di Jerman. Di sana, ia akan menjalani pemeriksaan medis sebelum nantinya diterbangkan pulang.
 
Soleimani juga diterbangkan ke Zurich dan kemudian dipulangkan ke Iran. Menlu Javad Zarif mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dirinya bersama Soleimani.
 
Menlu Javad Zarif adalah orang pertama yang mengumumkan kabar pertukaran tahanan. "Senang sekali dapat mengumumkan bahwa Profesor Massoud Soleimani dan Xiyue Wang dapat segera bertemu keluarga mereka," tulis Menlu Javad Zarif di Twitter.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan AS dan Iran terus meningkat, terutama setelah Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015. Pertukaran tahanan ini merupakan pertanda positif membaiknya hubungan kedua negara.
 
AS dan Iran Bertukar Tahanan
Menlu Iran (kiri) bersama Massoud Soleimani. (Foto: Twitter/Mohammad Javad Zarif)
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif