Bantuan dari Tiongkok tiba di Caracas. (Foto: CNN)
Bantuan dari Tiongkok tiba di Caracas. (Foto: CNN)

Tiongkok Kirim 2 Juta Bantuan Medis untuk Venezuela

Internasional konflik venezuela venezuela tiongkok
Sonya Michaella • 14 Mei 2019 07:04
Caracas: Sebuah pesawat kargo milik Tiongkok tiba di Venezuela, hari ini. Diketahui, pesawat itu membawa dua juta unit bantuan medis, termasuk obat-obatan dan alat bedah.
 
"Pesawat kargo dari Tiongkok membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat," bunyi pernyataan dari Kementerian Komunikasi Venezuela, dikutip dari CNN, Selasa 14 Mei 2019.
 
Sebelumnya, pada Maret lalu, Tiongkok telah mengirimkan bantuan untuk pertama kalinya. Pesawat ini bermuatan setidaknya 65 ton bantuan medis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Tiongkok juga telah meminjamkan sekitar USD50 miliar kepada Venezuela melalui perjanjian minyak. Tiongkok adalah satu dari sekian negara yang mendukung pemerintahan Presiden Nicolas Maduro di samping Amerika Serikat mendukung oposisi Venezuela.
 
Baca:Bantuan Perdana Palang Merah Didistribusikan di Venezuela
 
Sementara itu, bantuan pertama dari Palang Merah Internasional pun telah tiba pada pertengahan April lalu. Bantuan akhirnya dapat disalurkan setelah sebelumnya terhambat perseteruan politik antara Maduro dengan tokoh oposisi Juan Guaido.
 
Maduro sempat membantah telah terjadi krisis kemanusiaan di negaranya, dan juga menolak bantuan asing karena khawatir merupakan kedok Amerika Serikat untuk menginvasi Venezuela. Sementara Guaido menegaskan ada ratusan ribu warga Venezuela yang membutuhkan bantuan darurat di tengah krisis ekonomi saat ini.
 
Namun seiring berjalannya waktu, Maduro akhirnya mengizinkan adanya penyaluran bantuan, dengan catatan pihak penyalur harus tetap mematuhi aturan di Venezuela.
 

(NUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif