Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Akhirnya Larang Operasional Boeing 737 MAX

Internasional amerika serikat boeing
Sonya Michaella • 14 Maret 2019 08:17
Washington: Larangan terbang bagi pesawat Boeing 737 MAX kini hampir berlaku di seluruh dunia. Baru saja Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk menghentikan operasional pesawat tersebut.
 
"Keamanan warga Amerika dan seluruh orang adalah yang terpenting saat ini," kata Presiden AS Donald Trump, dikutip dari New York Times, Kamis 14 Maret 2019.
 
Trump mengaku keputusan tersebut dia ambil setelah berbicara dengan CEO Boeing Dennis Mueilenberg, Federal Aviation Administration atau FAA dan Kementerian Transportasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua pesawat yang berjenis MAX akan dikandangkan sampai pemberitahuan lebih lanjut," tegas Trump lagi.
 
Baca:Warga AS Kini Cemas Naik Boeing 737 MAX
 
Sementara itu, Kepala Administrator FAA Daniel Elwell mengatakan, keputusan untuk menghentikan penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX bukanlah karena adanya tekanan terhadap AS karena sejumlah negara lain telah menghentikan operasional pesawat jenis ini.
 
Dia mengatakan, data baru hasil penyelidikan jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines di Etiopia yang menewaskan 157 orang menjadi pertimbangan FAA.
 
Setelah kecelakaan Lion Air, FAA memerintahkan Boeing memperbarui manual serta persyaratan pelatihan, dan menyelesaikan "peningkatan kontrol penerbangan" termasuk sistem anti-macet paling lambat April.
 
Direktur Boeing, Dennis Muilenburg, menyesalkan tragedi terbaru, tetapi tidak meragukan keselamatan pesawat. "Kami yakin akan keselamatan 737 MAX," katanya dalam surat elektronik kepada kalangan pekerja Boeing.
 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif