Leopoldo Lopez. (Foto: AFP)
Leopoldo Lopez. (Foto: AFP)

Pengadilan Venezuela Perintahkan Penangkapan Tokoh Oposisi

Internasional konflik venezuela venezuela
Arpan Rahman • 03 Mei 2019 14:00
Caracas: Pengadilan Venezuela memerintahkan penahanan pemimpin oposisi Leopoldo Lopez. Di saat yang sama, pemerintah terus menindak demonstrasi pekan ini yang sempat terhenti untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.
 
Disitat dari laman Financial Times, Jumat 3 Mei 2019, pengadilan mengatakan Lopez melanggar persyaratan tahanan rumah dan menentang perintah yang melarang dia membuat deklarasi politik kepada media.
 
Lopez harus dikirim ke penjara militer Ramo Verde di luar ibu kota Caracas guna menyelesaikan delapan tahun yang tersisa dari hukuman 13 tahun karena memimpin protes jalanan anti-pemerintah pada 2014.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perintah itu akan memicu kekhawatiran bahwa pemerintah Maduro mungkin mencoba menangkap sesama pemimpin oposisi Juan Guaido, yang diakui Amerika Serikat dan banyak negara lain sebagai pemimpin sementara Venezuela yang sah.
 
Baca:Maduro Minta Militer Cegah Upaya Kudeta
 
Lopez mengejutkan hampir semua orang pada Selasa. Ia tampil di sebelah Guaido di luar sebuah pangkalan udara di Caracas, dari mana mereka menyerukan pemberontakan militer dan sipil terhadap pemerintah.
 
Sampai saat itu, Lopez -- salah satu tokoh oposisi yang paling karismatik -- telah ditahan selama dua tahun. Sebelumnya dia menghabiskan tiga tahun di penjara militer.
 
Istrinya, Lilian Tintori, juga seorang aktivis politik, sudah kembali ke rumah dan mengatakan rumah itu dijarah ketika mereka pergi. Dia memposting gambar di Twitter memperlihatkan buku dan barang-barang lainnya yang berserakan di lantai.
 
Venezuela telah dicekam tiga hari bentrokan sejak Guaido melakukan seruan dramatisnya kepada angkatan bersenjata. Organisasi non-pemerintah setempat mengatakan empat orang tewas dalam kekerasan dan ratusan lainnya terluka.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif