Presiden Venezuela Nicolas Maduro menutup perbatasan dengan Brasil. (Foto: AFP/HO/Venezuelan Presidency)
Presiden Venezuela Nicolas Maduro menutup perbatasan dengan Brasil. (Foto: AFP/HO/Venezuelan Presidency)

Venezuela Menutup Perbatasan dengan Brasil

Internasional konflik venezuela
Marcheilla Ariesta • 22 Februari 2019 12:51
Caracas: Presiden Venezuela Nicolas Maduro menutup perbatasan dengan negara tetanggannya, Brasil. Penutupan dilakukan sejak Kamis, 21 Februari hingga waktu yang belum ditentukan.
 
Maduro menyebutkan mempertimbangkan menutup total perbatasan dengan Kolombia yang terletak di sebelah barat Venezuela. Sebelumnya, ia telah memerintahkan militer untuk memblokade jembatan perbatasan utama untuk mencegah bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat (AS).
 
Diduga pertimbangan tersebut muncul usai provokasi yang dilakukan Presiden Kolombia Ivan Duque dan Presiden AS Donald Trump.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menganggap Duque bertanggung jawab atas kekerasan di perbatasan," kata Maduro, dilansir dari laman AFP, Jumat 22 Februari 2019.
 
Penutupan perbatasan itu terjadi di tengah ketegangan yang memanas usai upaya pengiriman bantuan AS yang ditolak pemerintah Venezuela. Negeri Paman Sam menganggap Maduro sebagai perampas kekuasaan dan mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden interim Venezuela.
 
Saat ini, Guaido diakui sebagai pemimpin sementara oleh 50 negara. Dia bersama pendukungnya menuju ke perbatasan Kolombia untuk mengumpulkan bantuan yang tertimbun di sana.
 
Guaido mengatakan dia ke sana bersama ratusan ribu sukarelawan. Menurut Guaido, 300 ribu orang Venezuela bisa meninggal jika blokade ini terus dilakukan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi