Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Dubes AS Tanggapi Undangan Kunjungan untuk Menhan Prabowo

Internasional prabowo subianto indonesia-as
Sonya Michaella • 05 November 2019 12:40
Jakarta: Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan mengaku tak pernah mendiskusikan soal visa Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Dia menegaskan, aplikasi visa adalah privasi setiap orang.
 
Hal ini berkaitan dengan klaim Partai Gerindra yang menyebutkan bahwa Prabowo mendapat undangan untuk berkunjung ke AS, meski visanya pernah ditolak pada tahun 2000-an silam.
 
“Kami tidak pernah membicarakan dan mendiskusikan soal pengajuan visa karena itu privasi,” kata Donovan, ketika ditemui di Jakarta, Rabu 5 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, Donovan enggan menjawab apakah undangan tersebut benar disampaikan AS untuk Prabowo.
 
“Yang utama, Amerika menghormati demokrasi dan proses demokrasi di Indonesia. AS juga siap bekerja sama dengan semua menteri yang ada di kabinet Presiden Joko Widodo,” ungkap dia.
 
Selain itu, lanjut Donovan, hak asasi manusia masih dan akan terus menjadi prioritas dan fondasi kebijakan luar negeri AS.
 
Bulan lalu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim bahwa Prabowo menerima undangan untuk berkunjung ke AS. Namun, Prabowo belum ada rencana mengunjungi Negeri Paman Sam tersebut mengingat dirinya masih memiliki kesibukan di posisinya yang baru saja dijabat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif