PM Kanada Justin Trudeau (kanan) bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Toronto, 2 Juli 2019. (Foto: AFP/LARS HAGBERG)
PM Kanada Justin Trudeau (kanan) bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Toronto, 2 Juli 2019. (Foto: AFP/LARS HAGBERG)

Kanada Berjanji Bantu Ukraina Hadapi 'Agresi' Rusia

Internasional ukraina politik kanada
Willy Haryono • 03 Juli 2019 07:54
Toronto: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berjanji akan mendukung Ukraina di tengah ancaman 'agresi' Rusia. Janji disampaikan PM Trudeau saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Toronto, Selasa 2 Juli 2019.
 
Zelenskiy berada di Toronto dalam kunjungan perdananya ke wilayah Amerika Utara untuk berpartisipasi dalam konferensi reformasi Ukraina.
 
"Di tengah ancaman agresi Rusia dan upaya mengganggu kedaulatan Ukraina, termasuk aneksasi ilegal Krimea, maka penting bagi negara-negara seperti Kanada untuk berdiri tegak dan mendukung mitranya," sebut PM Trudeau dalam konferensi pers gabungan bersama Zelenskiy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aksi Rusia bukan hanya ancaman bagi Ukraina, tapi juga hukum internasional," lanjutnya, dikutip dari situs AFP.
 
Konferensi reformasi Ukraina dihadiri perwakilan 30 negara, Uni Eropa dan beberapa organisasi internasional seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.
 
Dalam konferensi persnya, PM Trudeau mengaku "kecewa" atas dipulihkannya kembali keanggotaan Rusia dalam Majelis Parlemen Dewan Eropa (PACE). Pada 2014, Rusia dicopot dari keanggotaan PACE usai mencaplok Krimea dari Ukraina.
 
Baca:Antisipasi Ancaman Rusia, NATO Ingin Perkuat Ukraina
 
PM Trudeau kecewa karena keanggotaan Rusia dipulihkan meski Moskow "belum membebaskan sejumlah pelaut Ukraina" yang ditahan sejak November 2018. Para pelaut dan tiga kapalnya itu ditahan Rusia dalam insiden di Selat Kerch tahun lalu.
 
Zelenskiy juga mengaku kecewa atas keputusan PACE. Sebagai bentuk protes, Ukraina menarik undangannya terhadap PACE yang dijadwalkan memonitor pemilihan umum parlemen Kiev pada 21 Juli mendatang.
 
Selain soal Rusia, PM Trudeau dan Zelenskiy juga membahas mengenai penjualan senjata dan pelatihan militer Kanada di Ukraina. Maret lalu, Ottawa memperbarui misi untuk sekitar 200 personel militer Kanada di Ukraina, yang akan bertugas di sana hingga 2020.
 
Sejak 2015, Kanada telah melatih hampir 11 ribu tentara Ukraina. Tidak hanya itu, Kanada yang dihuni banyak diaspora Ukraina juga telah menyalurkan dana bantuan kepada Kiev senilai lebih dari USD785 juta atau setara Rp11 triliun.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif