PM Inggris Theresa May. (Foto: AFP)
PM Inggris Theresa May. (Foto: AFP)

Telepon Jokowi, PM Inggris Ucapkan Selamat atas Pemilu Serentak

Internasional indonesia-inggris pilpres 2019
Willy Haryono • 05 Mei 2019 12:49
London: Perdana Menteri Inggris Theresa May menelepon Presiden Joko Widodo dan mengucapkan selamat atas pemilihan umum serentak pada April lalu,
 
Juru bicara pemerintahan Inggris mengatakan bahwa PM May menelepon Presiden Jokowi untuk "mengucapkan selamat atas kesuksesan pemilu presiden dan legislatif yang berlangsung bersamaan."
 
"Presiden (Jokowi) menyambut baik dukungan Inggris terhadap proses demokratik di Indonesia," sambung dia, di laman resmi gov.uk, Sabtu 4 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini menandai 70 tahun hubungan bilateral antara Inggris dengan Indonesia. PM May disebut antusias menanti perayaan hubungan baik ini di London dan juga Jakarta.
 
"Baik Presiden dan Perdana Menteri sama-sama menyepakati pentingnya hubungan antara Inggris dan Indonesia dan juga ingin terus memperkuat kerja sama bilateral, terutama dalam perdagangan," ujar jubir pemerintah Inggris.
 
"Mereka bertekad untuk terus bekerja sama dalam menghadapi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim dan krisis Rohingya," lanjut dia, merujuk etnis minoritas asal Myanmar.
 
Di akhir percakapan, PM May berharap agar Presiden Jokowi dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dengan perasaan damai dan bahagia.
 
Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik memuji pemberitaan pers Tanah Air terkait pemilu serentak. Dubes Moazzam menilai Pemilu 2019 di Indonesia termasuk luar biasa, serta berjalan sukses, aman dan lancar.
 
"Walaupun pemilu berlangsung sukses, pasti banyak tantangan-tantangan lain dalam melaksanakan kegiatan liputan, melawan isu hoaks, berita palsu dan lainnya," kata Dubes Moazzam di kediamannya saat merayakan Hari Kebebasan Pers Internasional di Jakarta.
 
Menurut Dubes Moazzam, tema Hari Kebebasan Pers Internasional ini relevan dengan peristiwa penting di Indonesia. Tema kali ini adalah 'Peran Media dalam Pemilu dan Demokrasi.'
 
Dia menambahkan, pers yang baik merupakan penentu negara yang berhasil. Karenanya, perlu ada kampanye besar terkait kebebasan pers di seluruh penjuru dunia.
 
Baca:Dubes Inggris Puji Pemberitaan Pemilu di Indonesia

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif