Sebastian Pinera. (Foto: AFP)
Sebastian Pinera. (Foto: AFP)

Miliarder Konservatif Menang Telak di Pilpres Chile

Internasional politik chile
Sonya Michaella • 18 Desember 2017 09:02
Santiago: Miliarder konservatif sekaligus mantan presiden, Sebastian Pinera, telah memenangkan pemilihan presiden Chile, hari ini.
 
Terhitung, ia memenangkan 54 persen suara rakyat Santiago. Sementara itu, rivalnya yang merupakan oposisi, Alejandro Guillier mengucapkan selamat kepada Pinera.
 
Sementara, Guillier mendapat 45,43 suara. Dilaporkan media lokal, separuh rakyat Chile melihat Pinera sebagai sosok yang ramah terhadap dunia usaha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Chile membutuhkan kesepakatan lebih dari sekedar konfrontasi. Jalan masa depan menyatukan kita, namun terkadang cerita masa lalu memisahkan kita," kata Pinera, dalam pidatonya, dikutip dari BBC, Senin 18 Desember 2017.
 
Pinera memenangkan putaran pertama dengan selisih suara yang cukup besar dengan Guiller, yang didukung presiden sosialis Chile saat ini, Michelle Bachelet.
 
Pria berusia 68 tahun ini pernah memimpin Chile dari 2010 sampai 2014. Pinera jelas mendapat dukungan dari komunitas bisnis dan berjanji akan menurunkan pajak agar ekonomi Chile tumbuh kembali.
 
Selama kampanyenya, ia berjanji untuk mengendalikan reformasi yang dibawa oleh Bachelet. Sementara Guillier berkampanye akan meneruskan apa yang sudah dibentuk Bachelet.
 
Guillier pun mengakui ini adalah kekalahan telak baginya. Ia pun menyadari bahwa pada kampanye ia bersikukuh untuk mempertahankan reformasi progresif yang dibawa Bachelet di masa jabatan kedua.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif