Dua orang memeriksa kerusakan akibat ledakan bom di Kingsbury Hotel di Colombo, Sri Lanka, 22 April 2019. (Foto: AFP/JEWEL SAMAD)
Dua orang memeriksa kerusakan akibat ledakan bom di Kingsbury Hotel di Colombo, Sri Lanka, 22 April 2019. (Foto: AFP/JEWEL SAMAD)

AS Bandingkan Serangan Teror di Sri Lanka dengan 9/11

Internasional amerika serikat sri lanka Ledakan Sri Lanka
Willy Haryono • 23 April 2019 06:14
Washington: Amerika Serikat turut berduka atas rentetan pengeboman di gereja dan hotel di Sri Lanka yang menewaskan hampir 300 orang serta melukai ratusan lainnya. Aksi teror itu terjadi saat sebagian warga Sri Lanka tengah merayakan Hari Raya Paskah 2019.
 
"Itu merupakan salah satu serangan teroris paling mematikan sejak serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat," ujar juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley, dikutip dari laman AFP, Senin 22 April 2019.
 
Sedikitnya empat warga AS tewas dalam pengeboman di Sri Lanka, termasuk seorang murid kelas lima sekolah dasar. Anak berusia sekitar 10 tahun itu diketahui bersekolah di Sidwell Friends di Washington.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mengeluarkan pernyataan via Twitter, Presiden AS Donald Trump kembali mengungkapkan belasungkawa untuk Vietnam dengan menelepon langsung Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.
 
"PM Wickremesinghe mengapresiasi kekhawatiran presiden (Trump) dan menginformasikan perkembangan terkini investigasi," sebut Gedung Putih.
 
"Trump mengatakan kepada PM bahwa AS siap mendukugn Sri Lanka dalam menyeret para pelaku ke hadapan hukum. Kedua tokoh juga menekankan kembali komitmen mereka untuk memerangi terorisme global," lanjutnya.
 
Sementara itu, jubir kabinet pemerintahan Sri Lanka Rajitha Senaratne mengungkapkan ada jaringan teroris internasional yang terlibat dalam pengeboman dahsyat yang terjadi kemarin.
 
"Kami tidak percaya serangan ini dilakukan oleh sekelompok orang yang ada di dalam negara ini. Ada jaringan internasional, dan tanpa mereka, serangan ini tidak berhasil," kata Senaratne.
 
Serangan 11 September 2011 atau biasa disebut 9/11 adalah salah satu momen paling memilukan dalam sejarah Negeri Paman Sam. Kala itu, empat pesawat komersil dibajak kelompok militan al-Qaeda.
 
Dua pesawat menabrak gedung World Trade Center (WTC) di New York, satu menghantam area sekitar Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon dan satu lainnya jatuh di sebuah lapangan di Stonycreek Township. Total korban tewas dalam peristiwa 9/11 adalah 2.996 orang.
 
Baca:Sri Lanka Yakin Jaringan Teroris Internasional Lakukan Pengeboman

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif