Menlu Kanada, Chrystia Freeland. (Foto: AFP)
Menlu Kanada, Chrystia Freeland. (Foto: AFP)

Kanada Cari Dukungan Tekan Tiongkok Bebaskan Dua Warganya

Internasional tiongkok politik kanada
Sonya Michaella • 23 Desember 2018 09:50
Ottawa: Kanada gencar mencari dukungan dari para sekutunya guna menekan Tiongkok untuk segera membebaskan dua warganya yang kini sedang ditahan.

"Saya akan terus gencar berkampanye untuk berbicara dengan para sekutu kami tentang masalah ini," kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland, dikutip dari AFP, Minggu 23 Desember 2018.

Saat ini, Amerika Serikat (AS), Inggris dan Uni Eropa telah menyatakan dukungan mereka terhadap Kanada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Penahanan dua warga Kanada bermula dari penangkapan Direktur Eksekutif Huawei, Meng Wanzhou di Vancouver, pertengahan bulan ini.  Baca: Tiongkok Balas Tahan Dua Warga Kanada

Dua warga Kanada yang ditahan saat ini adalah Michael Korvig dan Michael Spavor. Korvig merupakan mantan diplomat yang bekerja di International Crisis Group di Beijing.

Sementara itu, Spavor merupakan konsultan bisnis yang tinggal di Beijing. Ia pernah mengatur beberapa perjalanan ke Korea Utara, termasuk kunjungan atlet NBA Dennis Rodman.

Penahanan dua warga Kanada ini merupakan tindakan balasan Tiongkok pascapenangkapan Meng. Tiongkok menyatakan kemarahan mereka atas insiden penangkapan Meng di Vancouver. Pemerintah Tiongkok memperingatkan konsekuensi serius apabila Meng tidak segera dibebaskan.

Sementara itu, Kanada berdalih tidak memiliki kaitan atas kasus penangkapan Meng. Menurut Kanada, Pemerintah AS yang menginstruksikan penahanan Meng.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi