MIchael Spavor (kiri) ketika memfasilitasi Dennis Rodman berkunjung ke Korut. (Foto: AFP)
MIchael Spavor (kiri) ketika memfasilitasi Dennis Rodman berkunjung ke Korut. (Foto: AFP)

Tiongkok Balas Tahan Dua Warga Kanada

Internasional tiongkok politik kanada
Sonya Michaella • 13 Desember 2018 11:27
Ottawa: Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan Tiongkok kembali menahan warga Kanada, setelah seorang warga bernama Michael Korvig juga telah ditahan.
 
"Kanada sangat prihatin dengan penahanan dua warga kami. Kami telah mengajukan kasus ini langsung ke Kementerian Luar Negeri Tiongkok," ucap Freeland, dikutip dari AFP, Kamis 13 Desember 2018.
 
Warga Kanada ini bernama Michael Spavor, konsultan bisnis yang tinggal di Beijing. Ia pernah mengatur beberapa perjalanan ke Korea Utara, termasuk kunjungan atlet NBA Dennis Rodman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjalankan program Paektu Cultural Exchange, sebuah organisasi yang memfasilitasi perjalanan olahraga, budaya, pariwisata dan bisnis ke Korut.
 
Ia juga pernah muncul di media Korut ketika sedang berbincang dengan pemimpin Korut, Kim Jong-un, tahun lalu.
 
Sementara itu, Michael Kovrig --yang ditahan kemarin-- tercatat sebagai mantan diplomat yang bekerja di International Crisis Group di Beijing.
 

Michael Kovrig/CNN
 
Dia dilaporkan ditahan setelah Direktur Eksekutif Huawei, Meng Wanzhou, dijadwalkan menghadiri persidangan untuk pemeriksaan jaminan terkait dengan tuduhan pelanggaran sanksi Iran oleh Amerika Serikat (AS).
 
Penahanan dua warga Kanada ini merupakan tindakan balasan Tiongkok pascapenangkapan Meng di Kanada, beberapa waktu lalu.
 
Tiongkok menyatakan kemarahan mereka atas insiden penangkapan Meng di Vancouver. Pemerintah Tiongkok memperingatkan konsekuensi serius apabila Meng tidak segera dibebaskan.
 
Sementara itu, Kanada berdalih tidak memiliki kaitan atas kasus penangkapan Meng. Menurut Kanada, Pemerintah AS yang menginstruksikan penahanan Meng.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi