Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Harimau yang Terinfeksi Covid-19 Dikabarkan Mulai Membaik

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 07 April 2020 09:58
New York: Nadia, macan yang dites positif virus korona baru di New York, Amerika Serikat (AS) membaik setelah dirawat dengan obat dan perawatan intensif. Sebelumnya harimau bersama enam ekor lainnya, menderita batuk kering di Binatang Bronx.
 
Baca: Harimau di Kebun Binatang AS Positif Korona.
 
“Perhatian dari penjaga yang merawat mereka disertai beberapa obat antiinflamasi, telah membuat kesehatannya membaik,” ujar kepala dokter hewan untuk Wildlife Conservation Society, Kebun Binatang Bronx, Paul Calle, seperti dikutip The Star, Selasa, 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Beberapa dari empat harimau dan tiga singa mendapat antibiotik. Semua menderita penyakit ringan dan diharapkan pulih sepenuhnya,” kata Calle.
 
Hewan besar yang sembuh ini termasuk Nadia, seekor harimu asal Malaysia yang berusia 4 tahun. Kucing besar itu berhentin makan dan merupakan satu-satunya yang dites covid-19 karena kebun binatang tidak ingin membius harimau yang lain.
 
Tes usap hidung, tenggorokan, dan cairan trakea dari paru-parunya dikirim ke sekolah-sekolah kedokteran hewan di Universitas Cornell dan Universitas Illinois, yang melakukan pengujian covid-19 pada hewan. Pengujian pada hewan tidak menggunakan sumber daya yang besar seperti halnya untuk pengujian manusia yang diminati secara nasional..
 
"Tidak ada persaingan antara pengujian untuk manusia dan hewan," kata Calle.
 
Calle mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa Nadia adalah kasus pertama yang diketahui dari seorang manusia yang menginfeksi hewan dan membuatnya sakit dengan covid-19.
 
Virus yang menyebabkan covid-19 diyakini telah menyebar dari hewan ke manusia, dan beberapa hewan telah dites positif di Hong Kong.
 
Tetapi para pejabat percaya ini adalah kasus yang unik karena Nadia menjadi sakit setelah terpapar dengan karyawan kebun binatang tanpa gejala. Calle mengatakan, kebun binatang tidak tahu karyawan mana yang menginfeksi harimau.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif