Rocco Morabito dikenal sebagai Raja Kokain Milan. (Foto: AFP/HANDOUT/Interior Ministry of Uruguay)
Rocco Morabito dikenal sebagai Raja Kokain Milan. (Foto: AFP/HANDOUT/Interior Ministry of Uruguay)

'Raja Kokain Milan' Kabur Lewat Lubang Atap Penjara

Internasional uruguay mafia italia
Arpan Rahman • 25 Juni 2019 12:34
Montevideo: Seorang bos mafia ternama asal Italia dengan julukan "Raja Kokain Milan" telah melarikan diri dari sebuah penjara di Uruguay. Pelarian terjadi saat dirinya sedang menanti proses ekstradisi ke Italia.
 
Rocco Morabito, 53, adalah kepala dari kelompok mafia Calabrian 'Ndrangheta. Ia kabur dari penjara di Montevideo melalui sebuah lubang di atap bangunan. Tiga narapidana lain yang menanti proses ekstradisi ke Brasil dan Argentina melarikan diri bersama Morabito.
 
Setelah melalui lubang di atap, Morabito dan tiga narapidana menggunakan tali untuk turun ke rumah di dekat penjara. Keempatnya kemudian merampok seisi rumah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Morabito, yang telah buron selama 23 tahun, ditangkap pada September 2017 di sebuah hotel mewah di Montevideo. Ia ditangkap bersama istrinya, yang dikabarkan memiliki kewarganegaraan Angola.
 
Diburu polisi sejak 1994, pengadilan di Italia telah menjatuhkan vonis 30 tahun penjara untuk Morabito. Penjatuhan vonis dilakukan secara in absentia, atau tidak dihadiri terdakwa.
 
"Merupakan hal yang tidak dapat diterima bahwa kriminal seperti Morabito bisa melarikan diri dari sebuah penjara di Uruguay, saat dirinya akan diekstradisi ke Italia," kata Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini, disiarkan di situs Guardian, Senin 24 Juni 2019.
 
"Saya akan meminta penjelasan lebih lanjut kepada pemerintah Montevideo dan juga akan terus memburu Morabito, di mana pun dia berada saat ini," tegasnya.
 
Sempat menggunakan paspor palsu dengan nama Francisco Capeletto, Morabito diyakini tiba di Uruguay pada 2002. Di sana, ia membeli sebuah vila mewah di wilayah resor Punta del Este.
 
Baca: Raja Kokain Milan akan Diekstradisi ke Italia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif