Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, 19 Maret 2019. (Foto: AFP/JIM WATSON)
Presiden AS Donald Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, 19 Maret 2019. (Foto: AFP/JIM WATSON)

Trump Masih Pertimbangkan 'Semua Opsi' untuk Venezuela

Internasional amerika serikat konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 20 Maret 2019 09:23
Washington: Presiden Donald Trump menekankan kembali bahwa Amerika Serikat masih mempertimbangkan "semua opsi" terkait isu Venezuela. AS dituduh Presiden Venezuela berusaha menggulingkan dirinya dengan menggunakan tokoh oposisi Juan Guaido.
 
"Semua opsi masih dipertimbangkan," ucap Trump kepada awak media di Gedung Putih saat ditanya mengenai perkembangan terbaru seputar isu Venezuela.
 
"Situasi terkini di Venezuela sangat mengkhawatirkan -- (membengkaknya) utang, kehancuran dan juga kelaparan," lanjut dia, merujuk pada krisis ekonomi dan politik menjerat Venezuela dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump berbicara mengenai Venezuela saat menjamu kedatangan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang mendukung upaya AS dalam memberikan tekanan pada pemerintahan Maduro.
 
AS dan sekitar 50 negara lain, termasuk Brasil, telah mengakui Guaido sebagai presiden interim pengganti Maduro sejak Januari lalu. Guaido adalah kepala Majelis Nasional Venezuela yang bertekad mendepak Maduro dari kursi kepresidenan di istana Miraflores.
 
Setelah menjamu Bolsonaro, Trump juga berencana mendiskusikan isu Venezuela dengan petinggi beberapa negara Karibia -- termasuk Bahama, Republik Dominika, Haiti, Jamaika dan Saint Lucia.
 
Diskusi dengan para tokoh tersebut dijadwalkan berlangsung di resor milik Trump Mar-a-Lago di Florida pada Jumat mendatang.
 
Februari lalu, Trump menyinggung mengenai "opsi militer" untuk menghadapi situasi di Venezuela.
 
Di bawah kepemimpinan Maduro, Venezuela yang merupakan negara kaya minyak jatuh ke dalam krisis ekonomi. Hiperinflasi terjadi, dan membuat nilai mata uang bolivar sudah hampir tidak bernilai.
 
Jutaan warga Venezuela pun memilih meninggalkan tempat tinggal mereka ke negara lain untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Maduro menolak membuka akses bantuan ke Venezuela, dengan kekhawatiran akan memicu dimulainya intervensi militer AS.
 
Guaido telah memulai tur keliling Venezuela sejak beberapa hari lalu. Tujuan tur adalah menggalang lebih banyak dukungan, terutama dari kalangan militer.
 
Saat tur berlangsung, militer Venezuela memulai serangkaian latihan. Latihan difokuskan untuk melindungi sejumlah infrastruktur dasar, seperti di bidang kelistrikan dan perairan. Langkah tersebut diambil Maduro usai pemadaman listrik melanda Venezuela sejak satu pekan terakhir.
 
Baca:Juan Guaido Memulai Tur Domestik Venezuela
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif