Kebakaran Hutan California Akhirnya Padam
Asap tebal dari kebakaran hutan Camp Fire di Paradise, California, AS, 8 November 2018. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)
California: Kebakaran hutan paling merusak dalam sejarah California akhirnya berhasil dikendalikan sepenuhnya oleh petugas pemadam, Minggu 25 November 2018. Si Jago Merah dijinakkan usai berkobar lebih dari dua pekan lalu.

Camp Fire, sebutan media lokal untuk salah satu titik kebakaran di California, telah menewaskan 85 orang sejak pertama kali berkobar pada 8 November. Sementara jumlah korban hilang dalam kebakaran bertambah dari 249 menjadi 296 orang.

"Akhirnya CampFire sudah 100 persen dikendalikan," ucap Dinas Pemadam Kebakaran California atau Cal Fire di Twitter, seperti disitat dari kantor berita AFP.


Menurut laporan kantor sheriff Butte County, hanya 54 dari total korban tewas kebakaran California yang berhasil diidentifikasi. Total 62 ribu hektare lahan telah terbakar di California, dengan hampir 14 ribu ruma serta struktur lainnya hancur dilalap api.

Menjelang pengumuman bahwa kebakaran sudah berhasil diatasi, otoritas California telah mengizinkan warga untuk kembali ke beberapa daerah terdampak bencana. Mereka diizinkan untuk memeriksa kondisi properti masing-masing.

"Sebelum pulang ke rumah masing-masing, warga diminta untuk memastikan mereka memiliki cukup makanan, air dan bahan bakar," ungkap pernyataan otoritas California.

Sebelumnya,  Presiden AS Donald Trump mengunjungi di California pada Sabtu 17 November. Ia datang untuk memantau perkembangan terbaru.

Berbicara di kota Paradise, Trump mendeskripsikan kehancuran akibat kebakaran ini "sedih untuk dilihat." Ia kembali menyinggung manajemen kehutanan sebagai salah satu faktor pemicu kebakaran.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id