Keramaian di makam Glenn Fredly di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis, 9 April 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Keramaian di makam Glenn Fredly di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis, 9 April 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Tak Ada Physical Distancing, Pemakaman Glenn Fredly Tampak Ramai

Hiburan Glenn Fredly Glenn Fredly Meninggal
Cecylia Rura • 09 April 2020 19:41
Jakarta: Jenazah Glenn Fredly dimakamkan di BLAD 164, TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan, Kamis siang, 9 April 2020. Tampak, beberapa kerumunan pelayat dan warga sekitar memadati area makam.
 
"Yang sudah selesai silakan kembali ya," ucap seorang pihak keamanan berulang kali.
 
Sebelumnya, pihak keluarga dalam keterangan resmi sudah mengimbau agar tak ada pelayat yang datang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap agar para pelayat tidak hadir dalam prosesi pemakaman dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan saat ini," tulis pihak keluarga.
 
Namun, adanya ormas Satu Rasa Maluku dan sejumlah pihak membuatnya tampak ramai. Bukan maksud tak mengindahkan peringatan akan Covid-19, tetapi mereka merasa Glenn Fredly adalah keluarga. Satu Rasa Maluku mengiringi peti jenazah Glenn Fredly dengan lagu daerah Gandong.
 
"Kalau di rantau sekalipun kota berbeda, desa, kecamatan kota, tapi kita satu artinya saudara," kata Denny Titahena, Panglima Satu Rasa Maluku.
 
Tak Ada Physical Distancing, Pemakaman Glenn Fredly Tampak Ramai
 
Selain ormas Satu Rasa Maluku, ada Sapurata, Satu Darah Maluku, beberapa warga sekitar turut hadir di sekitar pemakaman, serta publik figur seperti Tompi, Rejos, dan Arie Kriting. Ditambah adanya proses pemakaman lain yang tak jauh dari makam Glenn Fredly. Tampak tak ada nuansa physical distancing meski telah diupayakan.
 
Ibadah pelepasan jenazah Glenn Fredly dipimpin Pendeta Asachristo Mahodim sekitar pukul 14.00 WIB. Sanak keluarga dan rekan terdekat memakai busana bernuansa putih menyanyi puji-pujian Waktu Tuhan, Hidup Ini adalah Kesempatan, Tuhan Allah Beserta Engkau, dan Bapa Trima Kasih.
 
Ibadah pelepasan jenazah ditutup dengan foto bersama sanak keluarga dan sepatah dua kata dari keluarga. Tampak mereka berfoto bersama keluarga besar.
 
Tak Ada Physical Distancing, Pemakaman Glenn Fredly Tampak Ramai
 
Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.47 WIB. Dia meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Setia Mitra karena meningitis atau radang selaput otak.
 
Jenazah Glenn Fredly lalu dibawa ke rumah duka Heaven Dharmais, lalu disemayamkan lebih dulu di GPIB Sumber Kasih, Jakarta Selatan sebelum dikebumikan di TPU Tanah Kusir. Glenn Fredly meninggal dalam usia 44 tahun.
 
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif