Jang Ja Yeon  (Foto: Allkpop)
Jang Ja Yeon (Foto: Allkpop)

Investigasi Jang Ja Yeon Masuk Babak Final

Hiburan Skandal Seungri
Cecylia Rura • 14 Mei 2019 14:00
Seoul: Penyelidikan ulang terhadap kasus pelecehan seksual aktris Jang Ja Yeon yang berujung laporan bunuh diri 10 tahun silam memasuki babak final. Tim investigasi telah membuat kesimpulan atas kasus Jang Ja Yeon yang terlambat diselidiki dan diserahkan kepada Kementerian Kehakiman melalui komite urusan masa lalu pada Senin, 13 Mei 2019.
 
Investigasi kembali dilakukan pada 2 April 2018 setelah kasus prostitusi Burning Sun yang menyeret nama Seungri eks Big Bang menguap. Lebih dari 80 orang diperiksa dan tim mendakwa mantan wartawan The Chosun Ilbo yang dituduh terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap Jang Ja Yeon. Kesimpulan ini dirilis setelah tim investigasi melakukan tanya jawab bersama Bang Jung Oh, mantan CEO Chosun TV bersama pamannya, Bang Yong Hoon.
 
Sepuluh nama yang dicurigai terlibat telah dibersihkan namanya oleh polisi dan menyisakan nama CEO dan manajer agensi yang menaungi Jang Ja Yeon. Mereka diduga melakukan penyerangan dan pencemaran nama baik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wawancara juga dilakukan bersama aktris Yoon Ji Oh, mantan rekan Jang Ja Yeon yang selama 10 tahun terakhir memperjuangkan kebenaran kasus pelecehan terhadap Jang Ja Yeon. Dia melihat Jang Ja Yeon mempersiapkan dokumen dan melihatnya dilecehkan secara seksual oleh wartawan Chosun Ilbo. Aktris Lee Mi Sook juga mendapat panggilan investigasi lantaran dituduh mengambil keuntungan dari Jang Ja Yeon untuk melawan CEO dari agensi sebelumnya yang juga menaungi Jang Ja Yeon.
 
Dalam laporan kesimpulan, tim investigasi mengajukan rekomendasi penyelidikan terhadap Kim, CEO agensi Jang Ja Yeon yang dicurigai memberi kesaksian palsu di pengadilan bahwa dia tidak menyerang Jang Ja Yeon. Sementara itu, tim investigasi telah menemukan fakta Kim memaksa Jang Ja Yeon untuk menghibur.
 
Permintaan investigasi tambahan telah diterima Kementerian Kehakiman. Hasil putusan investigasi tambahan akan diumumkan pada 20 Mei setelah meninjau laporan final.
 
"Kami telah meminta beberapa pelengkap dan revisi laporan akhir Jang Ja Yeon, termasuk revisi untuk kata-kata," ungkap pihak komite urusan masa lalu.
 
Laporan terakhir dari tim investigasi juga mencakup permintaan mengirimkan catatan untuk investigasi atas dugaan kasus ini. Namun, Yonhap News memprediksi kasus ini sulit terungkap lantaran orang-orang dalam lingkaran kejahatan seksual ini memiliki kekuatan.
 
Siaran 8 O'Clock News dalam SBS membagikan laporan akhir tim investigasi mencakup konten dari investigasi sebelumnya, apakah koran Chosun Ilbo mendapat tekanan eksternal saat melakukan wawancara dan tentang laporan yang mereka sebut Daftar Jang Ja Yeon.
 
Menurut laporan Soompi, penyerahan laporan babak final pada 13 Mei dilaporakan berlangsung panas. Mereka memperdebatkan penyelidikan tambahan untuk Yoon Ji Oh kepada jaksa penuntut. Sebab, kasus ini turut membahas kredibilitas kesaksian Yoon Ji Oh dan kebenaran laporan Daftar Jang Ja Yeon.
 
Jang Ja Yeon adalah aktris yang terlibat dalam serial drama Korea populer Boys Before Flowers. Dia meninggal pada Maret 2009 dengan laporan bunuh diri. Dalam surat terakhir sebelum bunuh diri, Jang Ja Yeon mengungkap dia dipaksa menjamu para pelaku industri bisnis dan media.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif