Dorce Gamalama (Foto: instagram)
Dorce Gamalama (Foto: instagram)

Sedih! Dua Wasiat Dorce Gamalama Ini Tak Terlaksana

Elang Riki Yanuar • 16 Februari 2022 18:40
Jakarta: Dorce Gamalama meninggal dunia usai terpapar covid-19. Jenazah artis senior itu langsung dimakamkan di TPU Bantar Jati dengan protokol covid-19.
 
Tempat dimakamkannya Dorce sebenarnya berbeda dengan apa yang pernah dia wasiatkan semasa hidup. Saat berbincang dengan Denny Sumargo, Dorce mengaku sudah menyiapkan makam di sebuah masjid yang ikut dia dirikan.
 
"Rumah saya di Lubang Buaya itu masjid. Nah masjid itu sebelahnya tempat saya pulang," kata Dorce di Youtube Denny Sumargo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lokasi yang dimaksud Dorce adalah Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Namun sayangnya, wasiat Dorce itu tidak bisa terpenuhi. Salah satu penyebabnya adalah Dorce meninggal dalam kondisi positif covid-19.
 
"Keadaan ini kan sedang covid kan, kami sih ikuti prosedur rumah sakit saja, enggak memaksakan kehendak almarhumah," kata pengurus Masjid Al Hayyu Ustaz Anan Muhajir, Rabu (16/2/2022).
 
Keinginan Dorce lainnya yang tak bisa terwujud adalah dimakamkan sebagai perempuan. Dorce memang terlahir sebagai laki-laki. Dia lalu melakukan operasi kelamin menjadi perempuan.
 
"Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan," kata Dorce Gamalama.
 
Pernyataan ini sempat menuai kontroversi, termasuk dari kalangan ulama. Setelah berembuk, keluarga akhirnya memutuskan memakamkan Dorce dengan cara laki-laki, sesuai asal-usulnya setelah lahir.
 
"Wasiat itu kan kepenginan bukan berarti yang sesuatu yang wajib. Keinginan untuk dimakamkan secara perempuan kita serahkan semua kepada Allah. Itu cuma keinginan beliau, yang ngurusin kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, kita kembalikan lagi ke asal, yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah," jelas Anan.
 
Terlepas dari kontroversi yang ada, Anan memastikan Dorce adalah orang yang baik semasa hidup, khususnya bagi warga sekitar Masjid Al Hayyu. Bagi Anan secara pribadi, artis serbabisa itu sudah dia anggap seperti ibu sendiri.  
 
"Dulu saya datang ke sini mohon maaf masih single, saya dinikahkan beliau di sini. Saya dibikinin acara sama beliau, dirayain. Pokoknya beliau luar biasa jasanya buat saya. Dia adalah sosok ibu buat saya," kenang Anan.
 

 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif