Vanessa Khong (Foto: Instagram @vanessakhongg)
Vanessa Khong (Foto: Instagram @vanessakhongg)

Resmi Ditahan Polisi, Ini Peran Vanessa Khong dan Ayahnya Dalam Kasus Binomo

Hiburan polisi Penipuan investasi Binary Option Indra Kenz Binomo Vanessa Khong
Patrick Pinaria • 19 April 2022 20:49
Jakarta: Keterlibatan Vanessa Khong dan ayahnya, Rudiyanto Pei dalam kasus penipuan investasi melalui aplikasi opsi biner (binary option) Binomo semakin dalam. Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri memutuskan untuk menahan keduanya pada Selasa, 19 April 2022.
 
Sebelumnya, Vanessa dan Rudiyanto ditetapkan sebagai tersangka pada pekan lalu. Mereka pun menjalani pemeriksaan pada pukul 15.00 WIB, Senin, 18 April 2022.
 
Pemeriksaan berlangsung selama delapan jam. Hingga akhirnya, pihak kepolisian memutuskan untuk menahan Vanessa dan Rudiyanto. Namun, untuk pertama kali, mereka menjalani masa penahanan pertama di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bareskrim Polri selama 20 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Vanessa Khong, Pacar Indra Kenz Dijebloskan ke Penjara 
 
"Penyidik menahan keduanya mulai Selasa dini hari," ujar Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol. Whisnu Hermawan dikutip dari Antara pada Selasa, 19 April 2022.
 
Vanessa Khong dan Rudiyanto Pei dipersangkakan Pasal 5 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juchto Pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 M.
 
"Sesuai pasal yang dipersangkakan, keduanya diancam hukuman 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar," lanjutnya.

Peran Vanessa dan Rudiyanto dalam kasus Binomo

Alasan penahanan ini dilakukan karena Vanessa diketahui memiliki peran dalam aliran dana dari tersangka Indra Kesuma alias Indra Kenz. Menurut keterangan polisi, Vanessa menerima dana dari mantan kekasihnya itu sebesar Rp5 miliar dan juga beberapa barang senilai Rp349 juta.
 
Bukan hanya uang dan barang. Vanessa juga dibelikan Indra sebidang tanah di Jalan Sutra Utama Cluster Sutera Narada I Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, senilai Rp7,8 miliar. Adapun peran ayah Vanessa, Rudiyanto adalah menerima aliran dana dari Indra sebesar Rp1,5 miliar.
 
Baca: Kasus Indra Kenz, 10 Jam Tangan Mewah Rudiyanto Pei Disita 
 
"Ia juga membantu Indra Kenz menyamarkan hasil kejahatan dalam bentuk membeli jam sebanyak 10 jam dengan harga Rp8 miliar secara tunai, di mana sebelumnya Indra Kenz membeli sejumlah jam mewah seharga Rp24 miliar," tutur Whisnu.
 
Selanjutnya, pihak kepolisian akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap adik Indra, Nathania Kesuma. Ia juga sudah ditetapkan sebagai tersangka bersama Vanessa dan Rudiyanto pada pekan lalu. Namun, ia baru akan diperiksa pada Rabu, 20 April 2022. 
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif