Anji (Foto: instagram)
Anji (Foto: instagram)

Keberatan Dituntut 5 Bulan Rehabilitasi, Anji Minta Dibebaskan

Sunnaholomi Halakrispen • 06 Oktober 2021 19:17
Jakarta: Musisi Anji kembali menjalani sidang usai ditangkap polisi akibat memiliki dan mengonsumsi narkoba jenis ganja. Pada sidang hari ini, Anji meminta hakim untuk meringankan tuntutan yang ditetapkan jaksa penuntut umum (JPU).
 
Awalnya, JPU menuntut Anji dihukum lima bulan rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur. Tepatnya, dikurangi masa penangkapan dan penahanan serta masa rehabilitasi sementara yang telah dijalankan Anji, yang totalnya sudah empat bulan.
 
Usai JPU menyampaikan tuntutan tersebut, majelis hakim mempersilakan Anji memberikan pernyataan berupa pembelaan. Hal tersebut karena Anji tidak didampingi oleh kuasa hukum maupun pengacara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai hari ini saya sudah menjalani rehabilitasi di RSKO selama empat bulan. Saya sangat menyesali perbuatan saya dan saya tidak akan mengulangi perbuatan saya," ucap Anji dalam sidang virtual.
 
Suami Wina Natalia itu pun memohon agar tuntutan yang diberikan kepadanya dapat diringankan. Anji juga menyatakan dirinya sudah sangat merindukan keluarganya.
 
"Saya mempunyai keluarga dan anak yang menjadi tanggungan saya. Oleh karena itu saya meminta kepada majelis hakim agar saya bisa segera keluar dan bertemu keluarga saya kembali," tuturnya.
 
"Saya berjanji akan memperbaiki diri, saya berjanji enggak akan berbuat seperti ini lagi yang telah menyalahgunakan Undang-Undang," tambahnya.
 
Namun, JPU menolak pembelaan atau pledoi yang disampaikan Anji. Lantaran JPU mempertahankan tuntutannya, sidang putusan untuk perkara yang menjerat Anji akan digelar pada jadwal berikutnya, yakni Senin, 11 Oktober 2021.
 
Anji merupakan penyanyi solo, yang pernah menjadi vokalis band Drive. Nama Anji mencapai puncak popularitas saat merilis single berjudul "Dia".
 
Anji ditangkap oleh Unit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Tepatnya, pada Jumat, 11 Juni 2021 sekitar pukul 19.30 WIB di salah satu studionya yang berlokasi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.
 
Pada penangkapan tersebut, barang bukti yang diamankan berupa ganja sekitar 30 gram hingga buku Hikayat Pohon Ganja. Anji juga diketahui mengonsumsi narkoba sejak sembilan bulan sebelumnya, yakni pada bulan September 2020.
 
Atas perbuatannya, Anji dijerat Pasal 111 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Kedua pasal itu terkait penyalahgunaan dan kepemilikan narkoba, dengan pidana paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun penjara.
 
Namun, pihak Anji mengajukan rehabilitasi medis berupa rawat inap. Setelah Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) mengabulkan permohonan tersebut, Anji dibawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) dan kini telah tiga bulan direhabilitasi.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif