Jane Shalimar (kiri) dan Zakir Rasyidin (kanan) dalam jumpa pers di Kalibata, Jakarta Selatan, Senin 7 Januari 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Jane Shalimar (kiri) dan Zakir Rasyidin (kanan) dalam jumpa pers di Kalibata, Jakarta Selatan, Senin 7 Januari 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Alasan Pengacara Mundur dari Kasus Vanessa Angel

Hiburan prostitusi artis
Purba Wirastama • 09 Januari 2019 10:59
Jakarta: Zakir Rasyidin, pengacara yang sebelumnya menjadi kuasa hukum artis Vanessa Angel terkait kasus dugaan prostitusi online, telah mengundurkan diri. Zakir mendapati sejumlah keanehan dan tidak ingin sekadar terjebak dalam "kebenaran versi klien".
 
"Betul, saya mengundurkan diri," kata Zakir kepada Medcom.id pada Rabu pagi, 9 Januari 2019.
 
Zakir tidak menjelaskan secara detail alasannya mundur demi menjaga kerahasiaan perkara mantan klien. Namun secara umum, dia mundur karena menemukan fakta yang bertolak belakang dengan keterangan Vanessa. Cerita versi Vanessa telah diungkap oleh Zakir bersama artis Jane Shalimar kepada pers di Jakarta pada Senin malam kemarin atas persetujuan klien.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejak awal saya pegang perkara ini karena komitmen saya membantu Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk membongkar praktik prostitusi online dan jaringan muncikari," ujar Zakir.
 
"Ini memang penyakit masyarakat sehingga dengan hadirnya Vanessa, saya pikir bisa membantu itu. Namun ternyata pada saat konferensi pers, ada cerita yang justru terbalik dari apa yang sudah saya dapatkan dari pemberitaan dan Polda Jatim," lanjutnya.
 
Cerita berbeda itu meliputi soal nilai transaksi Rp80 juta, uang DP (down payment), serta siapa saja orang dalam kamar hotel ketika polisi datang dan menangkap Vanessa. Zakir, berdasarkan cerita Vanessa kepada Jane, menyebut bahwa Vanessa sedang duduk dan berbusana ketika penangkapan.
 
"Bagaimana mungkin ada penangkapan dan penggerebekan di sebuah hotel kalau tidak ada kejadian?" Akhirnya saya coba keluar dari apa yang disampaikan klien saya, mencari banyak keterangan, ternyata persis (seperti laporan resmi Polda Jatim). Jadi saya mendundurkan diri karena pertimbangan itu," tutur Zakir.
 
"Saya berkomitmen harus menceritakan apa yang sebenarnya terjadi, bukan kebenaran versi klien," imbuhnya.
 
Lima orang, termasuk Vanessa, diamankan oleh petugas Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim pada Sabtu, 5 Januari 2019 terkait dugaan prostitusi online. VA disebut menjadi teman kencan pesanan pengusaha tambang bernama Rian. Laporan JPNN menyebut bahwa Rian adalah pria Jakarta bernama asli Rudi Hastanto.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif