Miing (Foto: MI)
Miing (Foto: MI)

Bela Materi Humor Bintang Emon, Miing: Pelawak Enggak Mungkin Ngarang

Sunnaholomi Halakrispen • 21 Desember 2021 20:53
Jakarta: Pelawak Dedy Gumelar alias Miing membahas tentang betapa pentingnya humor di tengah kehidupan masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa pelawak tidak mungkin mengarang dalam menyampaikan materi humor.
 
Awalnya, Miing menyampaikan rasa terima kasihnya, karena tidak sedikit anak muda yang menghargai pentingnya humor. Menurutnya, apabila seluruh masyarakat dapat menerima humor yang disampaikan oleh pelawak mana pun, hidup akan lebih tenteram.
 
"Seandainya humor ini disikapi menjadi budaya bagi kita semua, maka cara pandang kita akan berbeda," ujar Miing dalam sarasehan Indonesia Darurat Humor! oleh ihik3, Selasa (21/12/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau semuanya melihat dari perspektifnya humor, mungkin enggak perlu ada bahasa saling maki-memaki dan sebagainya dalam kehidupan kita," tambahnya.
 
Ia mengatakan, contohnya jika Pandji Pragiwaksono sedang melawak, kemudian ada pihak yang tersinggung, Miing mengaku tidak harus marah. Begitu juga dengan lawakan yang dibawakan oleh Bintang Emon, yang sempat dianggap masalah oleh pihak tertentu.
 
"Saya mau ambil contoh kasus, Bintang Emon yang terakhir jadi masalah. Saya sudah perhatikan dari semua diksi, secara hukum dan politik, itu bersih dan empirik," tuturnya.
 
Ia menekankan, apabila pelawak sedang menyampaikan humor, maka bahan tersebut telah ditelusuri terlebih dahulu. Dalam hal ini, tidak ada pelawak yang asal bicara. Misalnya, mengambil materi yang dirujuk dari isu yang beredar di media sosial maupun media massa.
 
"Seorang pelawak mengambil materi di dalam lawakannya pasti rujukannya dari isu yang beredar di media. Enggak mungkin ngarang," jelasnya.
 
"Kalau sudah ada di ruang publik dan kita bahas, masa kita salah? Kenapa enggak medianya yang dibredel, kalau memang itu atas nama kekuasaan? Kan begitu ya. Humor ada ukuran kedewasaan dari masing-masing masyarakat, antara dewasa atau tidak," tutupnya.
 
Sementara itu, ihik3 (Institut Humor Indonesia Kini) adalah lembaga yang serius dan professional dalam mengelola humor serta perpustakaan humor pertama di dunia, The Library of Humor Studies. Podcast ihik3 ada di Podme, yang merupakan podcast obrolan Yaser, Novri, dan Ulwan, yang tak hanya lucu, tetapi juga bermuatan kajian humor, karena humor itu serius.
 

 

 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif