Nia Daniaty bersama anak dan menantunya (Foto: instagram)
Nia Daniaty bersama anak dan menantunya (Foto: instagram)

Duh, Korban Penipuan Modus Jadi PNS Anak Nia Daniaty Gurunya Sendiri

Hiburan selebritas nia daniaty
Elang Riki Yanuar • 24 September 2021 20:29
Jakarta: Olivia Nathania, putri penyanyi senior Nia Daniaty dilaporkan ke polisi karena diduga melakukan penipuan. Modusnya, wanita yang akrab disapa Oi itu mengiming-imingi para korbannya bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
 
Selain Olivia, para korban juga melaporkan suami Oi, Rafly Noviyanto Tilaar yang diduga ikut terlibat. Ironisnya, salah satu korban yang ikut melaporkan Olivia adalah gurunya sendiri bernama Agustin.
 
Pada 2019, Agustin mengaku dihubungi Olivia yang menawarkan jasa meloloskan orang menjadi PNS. Agustin lalu tertarik karena Olivia berhasil meyakinkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditambah lagi, dia tidak menaruh curiga mengingat Olivia adalah muridnya ketika SMA. Agustin akhirnya mengikutsertakan anak dan keluarganya yang lain untuk memakai jasa Olivia.
 
"Malam hari dia chat saya tawarkan, 'Bu ada enggak yang mau masuk CPNS?' Saya bilang ada anak saya, bukan orang lain. Kata dia, bisa karena sudah empat tahun bawa ini. Saya juga tidak ada curiga apa pun karena bagaimanapun dia murid saya," kata Agustin di Jakarta, Jumat (24/9/2021).
 
Sebagai uang jasa, Olivia meminta Agustin dan anggota keluarganya mentransfer sejumlah uang. Rata-rata mereka membayar Rp30 juta.
 
"Akhirnya saya bawa anak-anak saya, keponakan saya, sepupu-sepupu saya. Total ada 16 anggota keluarga saya tertipu. Satu orang rata-rata bayar Rp 30 juta," kata Agustin.
 
Agustin dan keluarganya ternyata hanya bagian kecil dari korban Olivia. Menurut pengacara korban, Odie Hodianto, jumlah korban Olivia mencapai 225 orang dengan kerugian Rp9,7 miliar.
 
Para korban, kata Odie, tergiur karena Olivia memberikan jaminan karena mengenal pejabat BKN (Badan Kepegawaian Negara). Namun, setelah mentransfer uang, para korban ternyata tak kunjung diterima.
 
"Oli memberikan kepastian kepada para korban, bahwa mereka semua pasti diangkat menjadi PNS karena mengaku kenal dengan pejabat BKN. Bahkan, ia siap mengembalikan uang apabila korban tidak diterima sebagai PNS," kata Odie.
 
Untuk memastikan identitas orang yang dilaporkannya, Odie mengungkapkan ciri-ciri Olivia merupakan anak penyanyi terkenal.
 
"Orang tua Oli mantan penyanyi lawas dan pernah bersuamikan pengacara, inisial ND, dan untuk ibunya lagunya populer: 'Gelas Kaca'," urai Odie.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif