Rihanna diberi gelar pahlawan nasional Barbados./AFP
Rihanna diberi gelar pahlawan nasional Barbados./AFP

Mengharukan, Begini Respons Rihanna Jadi Pahlawan Nasional Barbados

Sri Yanti Nainggolan • 01 Desember 2021 12:35
Jakarta: Rihanna telah dinyatakan sebagai pahlawan nasional Barbados oleh Perdana Menteri Mia Mottley. Penyanyi itu mendapat kehormatan selama upacara yang menandai status baru negara itu sebagai republik.
 
Rihanna, yang sebelumnya ditunjuk sebagai duta besar untuk Barbados pada tahun 2018, menerima "urutan pahlawan nasional" selama acara di Bridgetown. Mottley mengundang Rihanna ke atas panggung untuk menerima kehormatan itu.
 
"Atas nama bangsa yang bersyukur, tetapi juga orang yang lebih bangga, karena itu kami mempersembahkan kepada Anda, yang ditunjuk, untuk pahlawan nasional Barbados, duta besar Robyn Rihanna Fenty" kata Mottley dilansir dari Rolling Stone, Rabu, 1 Desember 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penyanyi Rihanna Diberi Gelar Pahlawan Nasional Oleh PM Barbados
 
"Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan terus membawa kehormatan bagi bangsa Anda dengan kata-kata Anda, dengan tindakan Anda, dan melakukan pujian ke mana pun Anda pergi," lanjut Mottley, menirukan lagu Rihanna yang berjudul Diamond

Rihanna menganggap Barbados sebagai rumah 

Setelah dinobatkan sebagai pahlawan nasional, Rihanna mengatakan bahwa dia sangat bangga berasal dari Barbados. Ia juga menyebutkan bahwa Barbados adalah satu-satunya tempat yang pernah dia sebut rumah.
 
"Orang-orang (Barbados). Kalian adalah pahlawan sejati Barbados dan saya membawa kalian ke mana pun saya pergi. Saya sangat bangga menjadi orang Bajan," kata Rihanna di atas panggung bersama Mottley, dilansir dari Hot New Hip Hop.
 
Rihanna diberi gelar pahlawan nasional Barbados.AFP PHOTO/Randy Brooks
Rihanna diberi gelar pahlawan nasional Barbados. AFP PHOTO/Randy Brooks
 
Rihanna mengungkapkan dirinya akan menjadi orang Bajan sampai akhir hayat. "Ini masih satu-satunya tempat yang pernah saya sebut rumah," tutur dia. 
 
"Saya mencintai Barbados. Saya mencintai kalian. Dan saya berdoa agar para pemuda terus mendorong Barbados maju," lanjut Rihanna. 
 
"Saya telah melakukan perjalanan ke dunia dan menerima beberapa penghargaan dan pengakuan, tetapi tidak ada, tidak ada yang sebanding dengan diakui di tanah tempat Anda tumbuh. Saya berterima kasih banyak untuk ini," tutup pelantun lagu Umbrella tersebut. 

Barbados resmi jadi republik

Barbados telah menjadi sebuah republik usai mengganti Ratu Elizabeth II dari posisi kepala negara. Seremoni pendeklarasikan republik Barbados itu dilakukan di ibu kota Bridgetown pada Senin malam.
 
Dame Sandra Mason dilantik sebagai presiden Barbados yang bertepatan dengan peringatan 55 tahun kemerdekaan negara tersebut.
 
Baca: Barbados Resmi Jadi Republik, Ratu Elizabeth II Sampaikan Pesan Hangat
 
Merespons langkah Barbados yang mendeklarasikan diri sebagai republik baru, Ratu Elizabeth II mengirim pesan hangat kepada Dame Sandra Mason.
 
Ratu Elizabeth II telah menjadi kepala negara Barbados sejak negara itu merdeka di tahun 1966. Masalah menjadi republik dibahas di tingkat nasional selama beberapa dekade, sebelum akhirnya Mottley membuat langkah bersejarah tahun lalu.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif