Lima Alasan Lemmy Motorhead Dijuluki 'Tuhan'

Agustinus Shindu Alpito 04 Januari 2016 14:54 WIB
motorhead
Lima Alasan Lemmy Motorhead Dijuluki 'Tuhan'
Lemmy Kilmister (Foto: Metalinjection)
medcom.id: Ian Fraser “Lemmy” Kilmister, pentolan grup musik Motorhead tutup usia pada 28 Desember 2015 di usianya yang ke-70. Seiring kepergian Lemmy, banyak beredar foto-foto dengan kutipan “Lemmy is God” di media sosial. 

Tentu julukan “Tuhan” hanya kiasan. Lantas apa yang membuat Lemmy begitu spesial hingga julukan itu disematkan kepadanya?

Lemmy lahir di Wales bagian Utara, satu hari sebelum Natal pada 1945. Sebagai anak muda yang tumbuh di era 1960-an, Lemmy juga terpapar pengaruh The Beatles. 


Lemmy pada akhirnya menjadi sosok yang ikut membidani lahirnya musik yang lebih keras dari rock. Sebagai sesepuh di kancah metal, pesona Lemmy diimbangi dengan perilaku ugal-ugalan dan gemar melontarkan pernyataan pedas.

Idiom “Lemmy Is God” mulai populer ketika film komedi Airhead (1994) rilis. Dalam film tersebut, karakter Chazz (Brendan Fraser) sedang tebak-tebakan dengan karakter Chris. 

Chazz melontarkan pertanyaan aneh, “Jika Tuhan dan Lemmy bertarung, siapa pemenangnya?” Pertanyaan itu membuat Chris bingung hingga akhirnya karakter Rex (Steve Buscemi) menimpali, “Salah, payah! Lemmy adalah Tuhan.”

New York Times pernah melontarkan pertanyaan seputar idiom “Lemmy Is God.” 

“Lemmy Is God, seperti dikatakan dalam film Airhead, apakah itu benar?” tanya New York Times. Lalu Lemmy menjawab pertanyaan itu dengan santai, “Tidak, Tuhan lebih tinggi dan berpakaian lebih baik. Dia tinggal di Cape Cod yang terletak di ujung Rhode Island."

Portal berita musik MetalInjection mencoba menjelaskan alasan-alasan mengapa Lemmy dijuluki Tuhan. Hasilnya adalah lima hal unik yang terjadi dalam hidup Lemmy.

5. Darah Lemmy unik
Dalam buku otobiografinya, Lemmy menceritakan pengalamannya tidak diizinkan menerima transfusi darah. Lemmy berniat melakukan transfusi darah untuk membersihkan sistem metabolisme tubuhnya yang sudah cukup rusak akibat kecanduan narkoba. 

Hal serupa pernah dilakukan sahabatnya, Keith Richards. Tetapi dokter justru melarang hal itu dilakukan dengan alasan bahwa darah Lemmy sudah sangat “beracun” akibat narkoba dan alkohol. Jika ia menerima transfusi darah itu justru mengancam hidupnya. Dia juga tidak bisa mendonorkan darahnya karena bisa saja merusak sistem tubuh orang lain yang menerima hasil donor itu.


4. Hidup sebelum dan sesudah rock & roll
Salah satu pernyataan Lemmy yang terkenal adalah, “Saya ingat waktu sebelum (kelahiran) rock and roll.” Di masa akhir hidupnya, pada 2015, banyak anggapan bahwa rock & roll sedang 'menderita' karena tak lagi semarak seperti dulu. 

Tetapi Lemmy tidak sama sekali berhenti dari musik keras, meski industri telah berubah dan usianya kian tua. Lemmy ikut menginspirasi kelahiran band rock besar, antara lain XII Boar dan Foo Fighters. Ini membuktikan bahwa pengaruh Lemmy terus dikenang meski rock dianggap tak sebesar dulu.


3. Orang yang sangat cerdas
Lemmy adalah sosok yang cerdas. Dia sangat tertarik dengan bidang sejarah. Lemmy juga seorang kolektor memorabilia Nazi, meski dia tidak sepaham dengan visi-misi Nazi. Kecerdasan Lemmy juga terlihat dari kata-katanya yang menyihir dalam buku otobiografi White Line Fever (2002). Selain itu, hasil wawancara dengan Lemmy di berbagai media menunjukkan pola pikirnya yang brilian dan menginspirasi.



2. Sikap yang inspiratif
Lemmy mungkin pecandu paling beruntung yang bisa berumur panjang. Ketergantungan obat-obatan selama 50 tahun, Lemmy nyatanya mampu berubah menuju gaya hidup yang lebih baik. Dia berjuang melawan penyakit diabetes, dan hematoma. Dalam wawancara dengan New York Times tahun 2013, Lemmy mengatakan bahwa dirinya sudah berhenti merokok dan hanya minum wine.


1. Lemmy terus menampakkan diri dengan cara aneh
Pernah muncul beberapa foto di dunia maya, gambar mirip wajah Lemmy di roti bakar dan pancake. Hal ini membuat sosok Lemmy semakin unik dan membuat kita tersenyum.




(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id