Jumpa pers Raisa merilis singel Kembali di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jumpa pers Raisa merilis singel Kembali di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Juli 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Maskulinitas di Balik Kembalinya Raisa dari Vakum

Hiburan raisa
Cecylia Rura • 09 Juli 2019 20:06
Jakarta: Solois Raisa tak butuh waktu lama untuk hiatus dari panggung bernyanyi. Selama tujuh bulan terakhir sejak menggelar panggung Fermata, Raisa 'pulang' lewat sebuah singel bertajuk Kembali.
 
Menariknya, lagu Kembali digarap bersama musisi muda Mikha Angelo dan kembali bekerja sama dengan Marco Steffiano. Raisa mengaku, singel Kembali memiliki taste yang lebih maskulin.
 
"Ini pop tapi mungkin power pop kali. Aku selalu berusaha eksplor kira-kira bisa kayak gimana lagi. Lagu yang melow bisa dibawa ke arah mana dan lagu ini ada maskulinnya sedikit. Mungkin karena nulisnya bareng kedua cowok ini," terang Raisa di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maskulin dalam arti pembawaan sekaligus musik Raisa. Lagu kembali diakui sebagai karya yang lebih kuat dari karya-karya sebelumnya.
 
"Musiknya, cara nyanyi. Apalagi di awal-awal aku lebih enggak terlalu nyanyi tapi lebih kayak ngomong. Kayak begitu aku belum pernah coba sebelumnya. Belakangnya lebih powerful dan pokoknya it's a mix of all the new Raisa," kata Raisa.
 
Penabuh drum Barasuara, Marco Steffiano sejak lama sudah memikirkan proyek baru apa yang akan dikerjakan kembali bersama Raisa. Setelah setengah tahun ditinggal Raisa vakum, Marco memiliki kerinduan untuk membuat karya baru bersama Raisa.
 
"Gua selalu senang karena di situ gua bisa punya rasa memiliki terhadap karya tersebut karena gua punya ruang untuk berkreasi bareng-bareng untuk melebur, idenya Raisa idenya gua juga. Jadi bukan sekadar gua mengikuti apa yang Raisa mau," kata Marco.
 
Digandengnya Mikha Angelo adalah diskusi panjang yang terjadi sejak The Overtunes terlibat dalam konser Pemeran Utama. Marco dan Raisa banyak berbincang menggandeng Mikha sebagai penulis sekaligus co-producer untuk lagu Kembali.
 
"Dulu sempat konser Pemeran Utama, The Overtunes bareng sama Yaya juga main. Setelah itu kita merasa Mikha sebagai pencipta lagu dengan The Overtunes membawa sesuatu yang sangat menarik di dunia industri dengan segala macam lagu-lagu," terang Marco.
 
Mikha Angelo ikut grogi ketika bekerja sama dengan Raisa. Dia sempat berekspektasi apakah lagu ini akan menjadi lagu terbaik atau terburuk.
 
"Dari workshop pertama co-writing bareng Kak Yaya semuanya seru banget walaulun tegang banget karena enggak tahu bakal bagaimana antara gagal banget apa bagus banget," terang Mikha.
 
Raisa siap naik pentas lewat singel Kembali. Selain merilis lagu baru, penanda kepulangan Raisa ke industri musik juga dapat disaksikan serentak oleh YourRaisa melalui live streaming dari aplikasi streaming Korea Selatan V Live yang ditayangkan pada Rabu, 10 Juli 2019 pukul 19.00 WIB.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif