Debu di Jazz Gunung Bromo (Foto: Medcom/Shindu)
Debu di Jazz Gunung Bromo (Foto: Medcom/Shindu)

Tampil Membuka Jazz Gunung Bromo, Debu Tebar Pesan Damai

Hiburan Jazz Gunung Bromo 2019
Elang Riki Yanuar • 26 Juli 2019 17:03
Probolinggo: Grup musik Debu tampil pada awal festival Jazz Gunung Bromo, Jumat, 26 Juli 2019. Grup yang dikenal konsisten membawakan lagu-lagu bernapaskan Islam ini ikut menyuarakan pesan perdamaian di panggung.
 
"Negara lain terdiri dari 3 suku saja berabad-abad berkelahi, di Indonesia ada 700 lebih suku," ujar Debu.
 
Debu menjadi penampil kedua dalam hari pertama Jazz Gunung Bromo 2019. Mereka tampil sekitar pukul 16.00, usai penampilan Ngalam Jazz Community.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski grup ini kehilangan pendirinya, Syekh Fattaah, pada 2008, tetap saja Debu mampu meneruskan pesan-pesan luhur lewat musik yang dibawakan.
 
"Ada pepatah dari NTB (Nusa Tenggara Barat), yang hina itu yang melihat hina. Yang mulia itu yang melihat mulia," kata sang vokalis Kumayl Mustafa Daood, sembari memberi contoh situasi sosial Indonesia yang belakangan riuh karena merebaknya virus kebencian.
 
Usai tampil, Mustafa kembali menegaskan rasa kagum akan keberagaman Indonesia. Negara yang telah menjadi tempat tinggalnya selama 20 tahun terakhir.
 
"Di Indonesia ditemukan sesuatu yang tidak ditemukan di seluruh dunia. Keindahan dalam perbedaan. Toleransinya. Turis enggak bisa melihat itu kalau belum lama tinggal di sini."
 
Jazz Gunung 2019 digelar selama dua hari, 26 & 27 Juli. Penampil pada hari pertama antara lain Gugun Blues Shelter, Idang Rasjidi, Tompi, dan grup asal Perancis Voyager.
 
Pada hari kedua, salah satu penampil andalan adalah Didi Kempot, musisi campursari yang belakangan dijuluki Godfather of Brokenheart oleh para warganet.
 
Ini adalah tahun kesebelas Jazz Gunung Bromo digelar.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif