NTRL berpose dengan boxset album XXV (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
NTRL berpose dengan boxset album XXV (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

NTRL Kenang Perjalanan 25 Tahun Bermusik

Hiburan Band NTRL
Purba Wirastama • 16 Januari 2019 10:47
Jakarta: Grup musik NTRL telah berusia lebih dari 25 tahun sejak masih bernama Netral dan digawangi Bagus bersama Bimo, dan Miten. Bagus, personel satu-satunya yang bergabung sejak awal, tidak menyangka mereka akan menempuh perjalanan sejauh ini.
 
"Enggak terasa ya, mulai dari band SMA yang cuma nge-jam dan latihan, sampai akhirnya bikin demo dan diterima label, bikin album, gonta-ganti personel dan sampai sekarang sudah 14 album dirilis," kata Bagus dalam acara peluncuran paket spesial album XXV di Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019.
 
"Album 25 Tahun Berkarya ini luar biasa banget, tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Gue enggak pernah menyangka akan sejauh ini. Kami pikir, berkarya saja dan bikin album," imbuh Bagus.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Coki, gitaris yang bergabung sejak 1999 setelah Miten keluar, menyebut bahwa mereka tidak terlalu memperhatikan linimasa tahun-tahun mereka berkarya.
 
"Kami enggak perhatikan linimasa. Kami bermain dan bikin karya terus, enggak pernah berhenti bikin lagu. Yang mengingatkan (sudah 25 tahun) justru orang lain, bukan kami," ujar Coki.
 
NTRL, nama baru bagi Netral sejak 2015 karena masalah hak cipta yang oleh dipicu konflik personal Bimo dan Bagus, kini berjalan dengan tiga personel Bagus, Eno, dan Coki.
 
Album terakhir NTRL bertajuk XXV dan memuat tujuh lagu baru serta 19 lagu lama yang diaransemen ulang. Album ini telah dirilis pada 2018, tetapi dirilis ulang dalam paket eksklusif beserta dengan film dokumenter NTRL produksi Erix Soekamti dan Anak Negeri Production.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif