Fourtwnty (Foto: Medcom/Elang)
Fourtwnty (Foto: Medcom/Elang)

Berakhir Rusuh, Fourtwnty Minta Maaf Batal Manggung di Musikologi

Hiburan Fourtwnty Konser Musikologi Rusuh
Dhaifurrakhman Abas • 01 Desember 2019 23:25
Jakarta: Grup band Fourtwnty mengklarifikasi alasan pembatalan manggung di Musikologi 2019 di Senayan, Jakarta pada Sabtu 30 November 2019. Hal itu lantaran waktu yang tak sesuai penjadwalan penyelenggara.
 
"Fourtwnty dengan berat hati tidak jadi tampil di acara Musikologi Kami sangat ingin berdansa bersama teman-teman di Musikologi. Situasi dan keadaan yang terjadi kurang mendukung dan tidak sesuai rencana," kata pihak Fourtwnty lewat akun Instagram @fourtwntymusic.
 
Akun tersebut mengatakan, band sudah berkumpul di backstage dari pukul 20.00 WIB untuk mendapatkan informasi jika ada perubahan jadwal. Menurut rencana awal, mereka bakal tampil pukul 21.40 WIB dan diundur menjadi pukul 22.00 WIB.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai ada beberapa kali diskusi bersama kalau acaranya mundur lagi waktu perform menjadi jam 22.30 WIB dan kemudian mundur lagi ke jam 23.00 WIB," sambung akun tersebut.
 
Kronologi Kerusuhan Konser Musikologi di Senayan
 
Akun tersebut mengatakan, Foutwnty sangat ingin tampil menghibur pengunjugnnya walaupun hanya membawakan beberapa lagu saja. Sayangnya hal itu urung dilakukan lantaran waktu terlalu mepet. Sebab mereka mesti ke luar kota untuk manggung di Bali.
 
"Hari ini (1 Desember) kami ada kewajiban untuk pindah ke kota lain dan berangkat subuh dari bandara. Kami semua perlu pulang untuk bersiap-siap dan berangkat lagi ke bandara jam 1.30 dari rumah masing-masing yang posisinya cukup jauh. Karena sampai jam 23.15 kami belum bisa naik panggung dan setelah berdiskusi dengan panitia Musikologi. Kami tidak bisa perform, karena kendala waktu yg sangat minim karena acara mundur tergolong lama," paparnya.
 
Lebih lanjut, band tersebut meminta maaf kepada penggemarnya lantaran tak bisa tampil. Mereka berjanji akan menghibur para penggemarnya di waktu yang lain.
 
"Kami mohon maaf untuk semua teman-teman yang sudah hadir di Musikologi sampai hujan-hujanan, dan terima kasih atas pengertiannya dari situasi dan kondisi yang ada. Sampai bertemu dilain kesempatan," tandasnya.
 
Konser musik Musikologi yang digelar di Plaza Timur Senayan, Jakarta, pada Sabtu 30 November 2019 malam berakhir rusuh. Massa mengamuk diduga karena agenda tak sesuai jadwal yang ditentukan penyelenggara.
 
Hal itu dibenarkan vokalis band Seringai, Arian Arifin. Arian mengatakan, pihaknya bahkan menjadi korban dari agenda musik yang berjalan lelet dan tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh penyelenggara.
 
"Iya. acara ngaret 2 jam. Seringai mustinya main jam 9.45 (21 45 WIB), akhirnya main jam 00.05 (WIB)? Setlist kami cut jadi 30 menit (seharusnya 1 jam), tapi pas di atas masih diminta di-cut," kata Arian, melalui cuitan twitternya @aparatmati pada Minggu 1 Desember 2019.
 
Selain karena masalah jadwal, Arian juga menduga amukan massa terjadi karena penyelenggara acara secara sepihak membatalkan aksi panggung dari beberapa band seperti Fourtwnty & Feel Koplo. Penyelenggara bahkan menghentikan acara di tengah jalan secara tiba-tiba.
 
"Setelah Seringai, seharusnya di stage kami Feel Koplo yang naik. Memang event sudah diminta selesai karena seharusnya selesai sebelum jam 12, tapi panitia masih nego (entah dengan siapa sih), gue pribadi enggak lihat ada polisi. Tiba-tiba semua lampu dipadamkan," sambung dia.
 
Suasana menjadi memanas dan semakin chaos ketika lampu dipadamkan. Menurut informasi yang beredar, massa yang yang saat itu mengamuk lantas menghancurkan panggung dan membakar tenda. Beberapa peralatan musik juga disebut-sebut dirusak.
 
Meski merasa kesal dengan pihak penyelenggara, namun Arian menyayangkan aksi rusuh yang dilakukan massa. Menurutnya hal itu tidak boleh terjadi.
 
"Tapi bagaimanapun se-chaos apapun event festival gue sih nggak ngebenerin crowd yang ngancurin stage, sound system, bakar tenda, dan lainnya. yang rugi pada akhirnya juga fans musik, izin event jadi bisa dipersulit juga kan," tandasnya.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif