Adrian Yunan (Foto: dok. Adrian Yunan)
Adrian Yunan (Foto: dok. Adrian Yunan)

Adrian Yunan Rilis Single Baru Bertajuk "40"

Medcom • 27 Desember 2022 08:40
Jakarta: Dikenal publik musik sebagai pemain bas Efek Rumah Kaca, Adrian Yunan kemudian mengundurkan diri setelah merampungkan rekaman album ketiga, dan memulai karir solonya. Debut albumnya, Sintas, dirilis pada 2017.
 
Pertengahan tahun ini, Adrian Yunan merilis single “Panggilan Darurat” dengan mengundang Reza “Torpedoest” Hilmawan mengisi gitar. Kini, Adrian Yunan kembali merilis single, bertajuk “40”. Kali ini Adrian Yunan mengajak pemain drum/perkusi Qadharshaku dan menghadirkan koor dari trio vokal perempuan yang dinamakan The Arby’s.
 
Ide lagu “40” mulai terbersit ketika Adrian Yunan berusia 40, namun penggarapannya tidak dilanjutkan karena masih mencari bentuk keutuhan lagu. Baru kemudian belakangan ini, sekitar 5-6 tahun kemudian, Adrian Yunan merampungkan “40” dan kemudian merilisnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di usia 40, Adrian Yunan menulis lirik yang kemudian menjadi bagian verse kedua
lagu ini:
 
Ajal dan lahir beradu
Elang patahkan paruh
Bertaruh, bertaruh
Di usia 40

 
Di umur 40, Adrian Yunan merasa digiring untuk punya mindset yang berubah: penurunan fisik, lingkungan sosial teman-teman juga sudah berubah hidupnya.
 
“Ini bukan era nongkrong yang kayak dulu, nih. Memengaruhi cara gue bikin lagu, mau ngapain, rasanya begitu. Gue sudah nggak mikirin sebuah lagu itu happening, sudah nikmati kalbu saja,” ujarnya.
 
“Minimal ketika gue menyanyikannya, ini bukan tentang sebuah statement. Gue cuma ingin cerita, yang ternyata cerita itu menggambarkan perubahan pola pikir gue,” kata Adrian lagi.
 
Sekian tahun terpendam, lagu “40” kembali digarap oleh Adrian setelah melihat perubahan teman-temannya. Mengobrol bersama mereka, Adrian menemukan bahwa masing-masing kini memiliki personal issue.
 
“Minimal buat gue dan teman-teman, hal ini punya value. Ada yang merasa, gue sudah tua banget, nih, sudah nggak mampu kerja ngantor, buka usaha sajalah. Sudah ada yang mulai menurunkan tensi kehidupan, tapi di sisi lain mereka ternyata merasa menemukan bahwa ini gue yang sebenarnya,” kisah Adrian.
 
“Gue menganggapnya tiap orang ternyata dicerahkan tergiring untuk memetakan ulang hidupnya,” tambahnya.
 
Seringkali dalam menggarap karyanya, Adrian Yunan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menentukan aransemennya, termasuk pada lagu “40”.
 
“Dengan segala keterbatasan, gue ingin bukan hanya wacana atau ceritanya, tapi rasanya yang sampai ke pendengar,” jelasnya.
 
Untuk lagu “40” Adrian mendesain lagu ini untuk terdengar gembira; ada “nongkrong”, ada “tepok-tepok”, ada “gitaran”. Untuk mencapai imaji ini, Adrian Yunan menggandeng Qadrashaku.
 
“Gue kenal dia dari teman ke teman, ternyata main drumnya enak banget. Terus, main perkusi juga. Ya sudah, gue ‘tembak’,” kisah Adrian.
 
Sementara untuk mengisi koor lagu “40”, Adrian Yunan mengajak kakak, adik, dan keponakannya.
 
“Gue ingin mood-nya happy bersama keluarga. Gue kalau ngmpul kadang-kadang gitaran, nyanyi lagu-lagu dari kaset-kaset kakak gue, gue ingin seperti itu,” tambah Adrian.
 
Dua single terbaru Adrian Yunan, “Panggilan Darurat” dan sekarang “40”, artwork-nya menampilkan gambar karya anaknya, Rintik Rindu, Pada saat Adrian merekam “Panggilan Darurat”, Rintik sedang gemar menggambar. Dia bertanya pada ibunya tentang makna lagu “Panggilan Darurat”, dari penjelasan yang dipahaminya, Rintik terbayang akan gambar ambulans yang pernah dilihatnya di film-film kartun.
 
Untuk lagu “40”, Adrian menanyakan Rintik apakah mau menggambar lagi. Rintik tertarik. Adrian menceritakan tentang “40”.
 
“Umur 40 itu kayak memilih jalan; mau ke kanan, mau ke kiri, mau lurus? Salah satu jalannya ada yang bahaya, nih,” cerita Adrian. Maka jadilah Rintik Rindu yang berumur 8 tahun menggambar tentang seseorang menginjak usia 40.
 
Lagu terbaru Adrian Yunan, “40” dirilis oleh Pelampung Records di platform digital download The StoreFront, mulai 24 Desember 2022. 
 
 
(ASA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif