Daddy Yankee (Foto: Rolling Stone)
Daddy Yankee (Foto: Rolling Stone)

Tren Musik Spanglish Kian Subur pada 2019

Hiburan musik internasional
10 April 2019 14:30
Jakarta: Despacito, Elchame La Culpa, Taki-Taki, menjadi contoh lagu hasil kolaborasi yang menghadirkan lirik dua bahasa, Spanyol dan Inggris (Spanglish). Spanglish menjadi kian populer setelah ketiga lagu tersebut suskes dinyanyikan oleh penyanyi pop seperti Justin Bieber, Demi Lovato, dan Selena Gomez yang kini sedang ingin melanjutkan trend positif tersebut.
 
Mendatangkan milyaran penonton pada layanan stream. Despacito Elhame La Culpa, Taki-Taki, menjadi pemicu lahirnya kembali musik yang mempadupadankan antara lirik berbahasa Spanyol dan Inggris dalam genre hip-hop dan R&B.
 
Penyanyi seperti Justin Bieber, Demi Lovato, dan Selena Gomez membawakan lagu tersebut dengan sedemikian rupa lewat kolaborasi, untuk membawa nuansa segar dalam industri musik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua tahun belakangan Spanglish menjadi musik yang akrab di telinga pendengar musik di dunia. Sepertinya musisi asal Amerika ingin melanjutan tren positif tersebut pada 2019.
 
Berikut adalah kolaborasi musik Spanglish yang terbaru pada 2019:
 
Daddy Yankee & Snow - Con Calma (Januari 2019)
 

 
Con Calma, bukanlah lagu yang baru dirilis pada 2019. Lagu tersebut merupakan ciptaan Snow dengan judul Informer yang pernah dirilis pada 1992 silam. Sepertinya lagu itu ingin mencapai kesuksesannya kembali dengan menggaet Daddy Yankee, rapper asal Puerto Rico yang juga terlibat dalam lagu Despacito.
 
Post Malone & Swae Lee feat. Nicky Jam & Prince Royce - Sunflower (Februari 2019)
 

 
Lagu tersebut merupakan soundtrack film Spider-Man: Into the Spider-Verse yang rilis pada 12 Desember 2018 lalu. Kali ini lagu tersebut mengajak dua musisi asal spanyol sekaligus, Nicky Jam dan Prince Roy. Tidak ada yang berubah banyak, gabungan dua lirik tersebut hany merubahnya menjadi lirik menjadi Spanglish yang dirilis pada Februari 2019.
 
Selena Gomez, Benny Blanco, Tainy, J Balvin - I Can't Get Enough (Maret 2019)
 

 
Selena Gomez bersama tiga musisi lainnya, berkolaborasi untuk menghadirkan lirik Spanglish. Selena dan Benny mengisi lirik berbhasa inggris, sedangkan J Balvin sebagai rapper dengan lirik berahasa spanyol, Tainy yang bekerja mengaransemen musik tersebut.
 
Sean Paul, J Balvin - Contra La Pared (Maret 2019)
 

 
Dua musisi dancehall asal Jamaika dan Kolombia itu melahirkan lagu dengan judul berbahasa Spanyol. Keduanya menciptakan lagu bersama yang dirilis pada 15 Maret 2019. Bagian terbesar lagu tersebut berisikan lirik Spanyol dan hanya menyelipkan sedikit lirik berbahasa Inggris.
 
Kane Brown, Becky G lewat - Lost in the Middle of Nowhere (April 2019)
 

 
Kane dan Becky, saja menciptakan lagu baru dengan nuansa hip-hop dengan sentuhan latin. Keduanya adalah musisi asal Amerika yang dikenal dengan genre country. Lagu tersebut sepertinya menjadi eksplorasi baru oleh keduanya untuk lebih dekat dengan pendengar musik, dengan mencoba Spanglish.
 
(Mardinal Afif)

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif