Zara Leola dan Enda Ungu dalam video musik SurgaMu (Musica Studios)
Zara Leola dan Enda Ungu dalam video musik SurgaMu (Musica Studios)

Terbiasa Berbahasa Inggris, Zara Leola Kesulitan Nyanyikan Ulang Lagu Ungu

Hiburan Zara Leola
Purba Wirastama • 10 Mei 2019 15:19
Jakarta: Franco Wellyjat alias Enda, gitaris Ungu, kembali berkolaborasi dengan Zara Leola putrinya untuk sebuah lagu baru. Kali ini, mereka mendaur ulang lagu bertema religi "SurgaMu" ke dalam aransemen baru.
 
SurgaMu aslinya diciptakan oleh Enda untuk Ungu dan dirilis dalam album kompilasi Ruang Hati tahun 2013. Sebelum SurgaMu versi aransemen ulang, Enda dan Zara telah berkolaborasi lewat lagu Dengan NafasMu, yang aslinya juga dipopulerkan lebih dulu oleh Ungu.
 
Menurut Enda, SurgaMu adalah lagu andalan mereka yang "membuat kami ingat lagi, bahwa hidup cuma sementara". Lagu ini dirilis sebagai bagian dari album kompilasi terbaru Demi Masa oleh Trinity Optima, Musica Studio's, dan Jagonya Musik & Sport Indonesia (JMSI).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Waktu itu, Zara pernah mendaur ulang lagu Dengan NafasMu. Kali ini, ada obrolan lagi (soal album kompilasi religi), kenapa enggak daur ulang lagu SurgaMU? Karena untuk bikin lagu baru, sayang karena lagu SurgaMu masih bisa," kata Enda dalam jumpa pers di KFC Kemang, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Zara menghadapi kesulitan ketika rekaman. Sebabnya, situasi di sekolah internasional berbahasa Inggris membuat Zara sehari-hari lebih sering memakai bahasa Inggris. Dia masih kesulitan memahami maksud kalimat dalam bahasa Indonesia.
 
"Mungkin karena dulu aku bicara lebih banyak bahasa Inggris ketimbang Indonesia, jadi agak susah, kayaknya sampai frustasi banget," ungkap Zara dalam kesempatan sama.
 
"Proses rekaman tiga jam untuk satu bait saja. Namun rasanya senang bisa mendaur ulang lagu (ciptaan) ayah," imbuhnya.
 
Enda menambahkan, dia membantu putrinya memahami makna lirik baris per baris agar bisa memahami makna keseluruhan lagu. Pemahaman makna penting supaya mereka bisa menyanyikan dengan perenungan yang tepat.
 
"Alhamdulilah, saat dia mengerti ceritanya, semua lancar," ujar Enda.
 
Bersamaan dengan perilisan lagu, Musica juga merilis video musik SurgaMu yang syutingnya mengambil latar kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur. Ide soal lokasi Bromo datang dari Enda. Menurut dia, Bromo adalah tempat paling bagus untuk urusan videografi.
 
"Dengan susah payah, kami mengupayakan bagaimana biar kami syuting di Bromo karena itu sudah menjadi cita-citaku," pungkasnya.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif