Maher Zain (Foto: Medcom/Purba)
Maher Zain (Foto: Medcom/Purba)

Album Ketiga Maher Zein Raih Sertifikasi Double Platinum, Ini Lagu Terlarisnya

Hiburan maher zain
Purba Wirastama • 19 Maret 2019 22:00
Jakarta: Maher Zein, penyanyi asal Swedia yang dikenal lewat lagu-lagu bertema religi, meraih sertifikasi double platinum di Indonesia atas penjualan album ketiganya, One. Kebanyakan berasal dari penjualan platform digital.
 
One dirilis oleh Awakening Records pada 2016 dan diedarkan di Indonesia oleh label Universal. Pihak Universal tidak merinci berapa jumlah penjualan album ini di Indonesia dalam satuan salinan lagu atau album. Namun pendapatan kotornya telah mencapai Rp2 miliar selama dua tahun terakhir, bahkan hampir Rp3 miliar.
 
Menurut Managing Director Universal Indonesia Wisnu Surjono, Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) punya perhitungan baru untuk capaian penjualan album atau lagu. Satuan nilainya bukan unit, tetapi total pendapatan kotor. Sertifikasi Golden untuk Rp500 juta dan Platinum untuk Rp1 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau Maher berkunjung sebulan lagi, mungkin sudah triple platinum," kata Wisnu dalam jumpa pers di kawasan Thamrin, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Dari total pendapatan Rp2 miliar lebih itu, kata Wisnu, sumber pendapatan dari platform digital adalah yang paling besar. Mereka masih sempat menjual rilisan fisik pada 2017, sebelum toko-toko album fisik benar-benar gulung tikar. Lini penjualan digital meliputi streaming, unduhan, dan ring back tone (RBT).
 
Dari 15 lagu dalam album One, The Power adalah lagu yang paling laris. Sebagian besar pengguna membeli rilisan lagu ini sebagai RBT di ponsel masing-masing.
 
"Kalau dari album One ini, lagu yang paling banyak didengar adalah The Power," kata Wisnu. "Terbanyak masih ring back tone."
 
Pekan ini, Maher sedang berada di Indonesia untuk membantu kegiatan amal yang dijalankan oleh LAZISMU Muhammadiyah dan Salam Charity Inggris. Mereka sedang menggalang dana untuk program pembangunan 2.000 hunian sementara bagi keluarga penyintas bencana alam di Palu, Lombok, serta enam kota lain.
 
Salah satu kegiatannya adalah malam amal yang digelar di gedung Kemdikbud RI pada Selasa malam, 19 Maret 2019. Maher bersama Opick dan Indah Dewi Pertiwi akan "melelang" penampilan musik mereka kepada para tamu. LAZISMU dan beberapa rekan telah mengundang sedikitnya 700 orang dari 100 lembaga mitra.
 

 

(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif