Jerinx (tengah) memeluk istrinya Nora Alexandra (kiri) usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Selasa (3/11/2020). (Foto: Antara)
Jerinx (tengah) memeluk istrinya Nora Alexandra (kiri) usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Selasa (3/11/2020). (Foto: Antara)

Dituntut 3 Tahun Penjara, Jerinx Geram

Hiburan Jerinx SID Artis dan Virus Korona
Sunnaholomi Halakrispen • 04 November 2020 13:54
Jakarta: I Gede Ari Astina alias Jerinx menjadi terdakwa perkara kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Jerinx pun menanggapi hasil sidang tersebut.
 
Atas ujaran kebencian yang dilakukan Jerinx dengan ungkapan, "IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kacung WHO (World Health Organization)," Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut tiga tahun penjara. Juga denda Rp10 juta subsider tiga bulan penjara.
 
"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan dikurangi selama terdakwa ada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan," tutur JPU Otong Hendra Rahayu dalam sidang pembacaan tuntutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Drummer Superman is Dead itu dianggap tidak bersimpati terhadap perjuangan dokter dalam menangani covid-19. Selain itu, ia juga menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap IDI.
 
"Melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan yang dilakukan secara berlanjut," papar JPU.
 
JPU pun menjabarkan hal-hal yang memberatkan Jerinx. Di antaranya, terdakwa tidak menyesali perbuatannya, pernah meninggalkan persidangan atau walk out, dan pernyataan yang telah melukai perasaan masyarakat dan para dokter yang tergabung dalam IDI.
 
Sementara itu, hal yang meringankan Jerinx ialah sikap sopan yang ditunjukkan dan belum pernah dihukum sebelumnya. Namun, Jerinx masih mempertanyakan siapa pihak yang menyeretkan dalam kasus hukum kali ini. 
 
"Sesuai yang kita dengar tadi, JPU menuntut tiga tahun. Jadi saya semakin lucu ngelihat-nya. Dari pihak IDI pusat dari pihak IDI Bali mereka semua bilang tidak ingin memenjarakan saya," ucap Jerinx.
 
Jerinx geram dengan tuntutan yang diajukan terhadapnya. Suami Nora Alexandra ini pun ingin mengetahui siapa pihak yang ingin memenjarakannya. Sebab, ia yakin bahwa pihak tersebut bukan IDI.
 
"Coba datang sesekali ke sidang kalian yang ingin memenjarakan saya tuh. Dari IDI pusat, IDI Bali, tidak ada yang ingin memenjarakan saya. Siapa yang memesan sebenarnya? Datang kalian ke sidang," pungkasnya.
 


 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif