Bernard Dinata (Foto: dok. pribadi)
Bernard Dinata (Foto: dok. pribadi)

Cerita di Balik Video Viral Mahasiswa Bule Nyanyikan Lagu Indonesia

Hiburan musik indonesia musik internasional
Elang Riki Yanuar • 17 Oktober 2020 11:10
Jakarta: Belum lama ini video mahasiswa Indonesia dan sejumlah negara menyanyikan lagu berjudul Lagu Untukmu Indonesia viral di dunia maya. Adalah Bernard Dinata dan Abram Al, dua mahasiswa asal Indonesia yang menciptakan lagu dan mengajak teman-temannya menyanyikan lagu tersebut.
 
Dua mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Berklee Boston, Amerika Serikat itu mengajak teman-temannya mahasiswa dari Meksiko, Thailand, Bulgaria, Amerika Serikat, Canada, Singapura, Trinidad & Tobago, Syprus, hingga Skotlandia. Video itu diunggah Bernard di Youtube pada Juli 2020, tapi baru viral beberapa bulan kemudian.
 
Bernard Dinata dan Abram bukan orang awam di dunia musik. Bernard baru saja menyelesaikan kuliah di Berklee College of Music, dengan jurusan Music Production and Songwriting. Ketika dilanda kebosanan, Bernard mengajak Abram untuk membuat proyek yang melibatkan rekan mereka sesama mahasiswa jurusan musik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam situasi pandemi yang sedang melanda dunia, Amerika adalah salah satu negara yang terkena dampak yang sangat besar. Mendengar bahwa pandemi ini begitu membawa dampak besar di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia. Sendirian di Amerika, rasa kesepian yng mendalam pada saat itu, membuat saya rindu sekali untuk pulang bertemu dengan keluarga. Ingin sekali rasanya hati ini dapat berbuat sesuatu," jelas Bernard Dinata dalam keterangan tertulisnya.
 
Bernard ingin membuat lagu yang menceritakan kepedulian dia dan rekan-rekannya terhadap pandemi korona yang melanda Indonesia. Dari sanalah ide itu tercipta lalu mereka mulai mengerjakannya.
 
"Kuliah di Berklee membuat saya dan Abram mendapat kesempatan untuk berteman dengan berbagai mahasiswa musik dari berbagai penjuru dunia, dan kami berdua bersepakat untuk mengajak dari beberapa vokalis favorit kami untuk bergabung di dalam project lagu ini," kata Bernard.
 
Bukan hal mudah mengajarkan mahasiswa asing yang sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia. Butuh waktu sekitar empat bulan untuk merampungkan proses lagu ini. Bernard pun memuji kemampuan teman-temannya yang bisa beradaptasi dengan cepat menyanyikan lagu berbahasa Indonesia.
 
"Mereka sangat bersemangat, dan siap untuk meempelajari tentang kebudayaan dan bahasa Indonesia. Prosesnya cepat dan lancar, setiap dari mereka berusaha memberikan yang terbaik. Untuk sebuah project yang dikerjakan dengan tanpa bertemu fisik satu sama lain, seharusnya memakan waktu yang lebih lama, tetapi masing-masing dari kami selalu cepat dalam membalas satu sama lain. Ini sangat membantu di dalam penyelesaian lagu ini dengan waktu yang cukup efisien," jelasnya.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif