Afgan Ungkap Hubungan Cinta Berakhir Perpisahan
Afgan (Foto: Medcom/Shindu)
Jakarta: Afgan kembali bicara masalah cinta, kali ini lewat singel terbaru berjudul Sudah. Singel itu diambil dari album Dekade, dibanding lagu-lagu Afgan lain, Sudah terdengar berbeda. Lagu ini terasa kelam dengan aransemen piano yang dominan.

Dari segi tema, Afgan menyinggung soal sebuah hubungan cinta yang kandas.

"Enggak semua hubungan berjalan baik. Kadang ada juga hubungan yang memang sudah enggak bisa diperjuangkan lagi dan harus segera diakhiri. Hal yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah menerima kenyataan tersebut dan melanjutkan hidup."


"Dari situlah inspirasi lagu ini tercipta. Dan, harapannya, bagi siapapun yang mendengarkan, bukan untuk menyuruh mereka jadi mudah menyerah dengan hubungan, tapi justru bisa memberikan energy positif untuk berani mengakhiri agar kedepannya hidup bisa lebih baik," kata Afgan melalui keterangan pers.

Dalam proses pengerjaan, Afgan menggandeng produser Raisa sekaligus drummer Barasuara, Marco Steffiano. Ini bukan kali pertama Afgan bekerjasama dengan Marco. Sebelum bersama Barasuara, Marco sempat kerap mengiringi Afgan di atas panggung. Selain itu, Afgan juga menggandeng Inu Numata, Simhala Avadana, dan Kitut.

“Kebetulan memang kita sudah beberapa kali kerja bareng sih untuk membuat lagu Kunci Hati dan Percayalah. Dan bedanya di lagu ini, Marco Stefianno membantu sebagai arranger di lagu ini," lanjut Afgan.

Perilisan Sudah dibarengi dengan kehadiran video musik. Afgan mempercayakan pengerjaan video musik Sudah kepada Davy Linggar, sutradara yang sudah biasa membesut video musik para musisi Indonesia, salah satunya Tulus.

Syuting dilakukan di Turki, tempat yang dipilih langsung oleh Davy.

“Yang milih lokasi di Turki itu mas Davy sendiri sih ya. Dan pas kita nyampe di sana emang pas banget nuansa kelam dari lagu ini. Musik videonya benar-benar bisa membuat yang nonton ikut berimajinasi ke dalam lagunya. Suka banget sama hasilnya,” papar Afgan.

Proses syuting memakan waktu yang singkat, dua hari. Davy mengeksekusi dengan baik dari waktu yang diberikan Afgan.

 “Saya sudah lama mendengar nama Afgan di dunia musik. Jadi, saat menggarap video klip ini, kurang lebihnya saya sudah cukup tahu bagaimana karakternya dia. Dan, selama proses syuting, Afgan cukup menyenangkan. Dan kebetulan tempat yang kita ambil juga tempat yang tidak terlalu ramai. Jadi semua berjalan lancar saja,” ungkap Davy.





(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id