Deretan piringan hitam (Foto: AFP)
Deretan piringan hitam (Foto: AFP)

Pertama Sejak 1980, Penjualan Piringan Hitam Melampaui CD

Hiburan industri musik musik internasional
Agustinus Shindu Alpito • 12 September 2020 14:02
Jakarta: Pepatah mengatakan sejarah selalu berulang. Nampaknya hal itu relevan dalam melihat kabar penjualan piringan hitam atau vinyl mengalahkan penjualan CD (Compact Disc). Ini adalah fenomena pertama sejak tahun 1980-an, menurut laporan pertengahan tahun 2020 dari RIAA (Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat).
 
Menurut laporan itu, dari USD376 juta penjualan rilisan fisik musik, 62 persen disumbangkan dari penjualan piringan hitam. Lebih rinci, total pendapatan yang dihasilkan dari penjualan piringan hitam mencapai USD232,1 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.
 
Penjualan ini sangat menggairahkan pada tiga bulan pertama 2020, namun kemudian merosot setelah badan covid-19 menghantam sejumlah toko rilisan fisik musik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, pengguna streaming musik digital naik 12 persen dalam paruh pertama 2020. Sedangkan jumlah pelanggan berbayar berbagai platform streaming musik meningkat 25 persen atau bertambah sekitar 72 juta pengguna, dibanding paruh pertama 2019.
 
Fenomena yang sama juga terjadi di Indonesia. Pada semester pertama 2020, para penjual piringan hitam meraup untung yang signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kami merilis artikel eksklusif terkait peningkatan penjualan piringan hitam di Indonesia dengan judul:Meraup Untung dari Piringan Hitam di Tengah Pandemi.
 

 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif