Pulung Agustanto (Foto: instagram)
Pulung Agustanto (Foto: instagram)

Misi Pulung Agustanto Lestarikan Musik Pop Jawa

Elang Riki Yanuar • 01 September 2022 09:00
Jakarta: Setelah berkolaborasi dengan Barry Likumahuwa, musisi Pulung Agustanto merilis lagu terbaru. Berbeda dari lagu sebelumnya, dia menghadirkan musik pop berbahasa Jawa berjudul "Mung Kanggo Kowe".
 
Lagu "Mung Kanggo Kowe" diciptakan oleh Bayu Himawan. Melalui lagu ini, Pulung ingin membawa misi ikut melestarikan musik tradisi tanah kelahiran.
 
"Kenapa pop Jawa karena memang perjalanan saya sebagai musisi dan seniman, karena memang saya sendiri orang Jawa, ingin apresiasi, dan supaya budaya Jawa ini lebih populer dengan kondisi yang sekarang ada," kata Pulung di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pulung mengaku terpapar banyak genre musik sehingga lagu yang dia nyanyikan menjadi kaya referensi. Ditambah lagi keterlibatan musisi lintas genre seperti Rio Sidik,
 
Tidak sendiri, beberapa musisi ternama turut terlibat dalam pengerjaan lagu ini antara lain Rio Sidik hingga Irsan Wallad sebagai music director. Irsan Wallad merupakan seorang produser pemilik iCanStudioLive.
 
Dia produser yang menangani live recording para musisi Jazz seperti Joey Alexander, Tompi, Barry Likumahuwa, Echa Soemantri dan banyak lainnya. Irsan pula yang menawarkan Pulung menyanyikan lagu pop jawa
 
"Kalau kita dengar liriknya, semua kita aduk. Ada rock, ada popnya, ada bunyian yang klasikal. Ditambah ada juga jazz. Ada Mas Rio Sidik. Itu cara saya tidak kehilangan identitas jazz kita," kata Irsan Wallad.
 
Lagu pop Jawa saat ini memang sedang digandrungi. Terlebih ketika Farel Prayoga menghentak Istana Negara saat membawakan lagu "Ojo Dibandingke". Pria yang pernah meraih predikat kibordis terbaik di festival musik itu sendiri sudah menyiapkan lagu lain seperti "Piye Keadaanmu", "Tau Bertahan", dan "Koyo Awakmu".
 
"Semenjak fenomena Didi Kempot, banyak artis muda yang nyanyi lagu Jawa, ya saya pikir momen ini saya harus ikutan. Lagunya enggak cuma ini ya, selanjutnya ada tiga lagu lagi. Bahkan nanti bisa saja saya buat festival musik pop Jawa agar musik ini semakin dikenal," tutupnya.
 
 
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif