Kurt Cobain dalam penampilan Nirvana di acara MTV Unplugged (Foto: dok. Nirvana)
Kurt Cobain dalam penampilan Nirvana di acara MTV Unplugged (Foto: dok. Nirvana)

Mengenang 28 Tahun Kematian Kurt Cobain

Medcom • 05 April 2022 11:12
Jakarta: Bagi para musisi dan penggemar musik di seluruh dunia, tanggal 5 April menjadi tanggal yang kelam. Hal ini disebabkan karena musisi legendaris Kurt Cobain meninggal di tanggal tersebut pada tahun 1994.
 
Bisa dibilang sebagai salah satu musisi paling influensial, vokalis sekaligus gitaris band Nirvana, Kurt Cobain lahir pada tanggal 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington. Semasa kecilnya, Cobain menyukai hal-hal berbau musik, dia mendengarkan lagu-lagu dari band punk rock The Ramones.
 
Dibentuk pada tahun 1987, band Nirvana terlahir dari ide cemerlang Cobain dengan teman dekatnya, Krist Novoselic. Sering berganti-ganti anggota band, namun yang paling dikenal adalah trio Cobain, Novoselic dan Dave Grohl, yang membentuk Foo Fighters beberapa waktu setelah kematian Cobain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketenaran Nirvana meroket saat mereka merilis lagu "Smells Like Teen Spirit" sebagai bagian dari album kedua mereka Nevermind di tahun 1991. Lagu tersebut masuk ke dalam daftar Rock and Roll Hall of Fame sebagai salah satu lagu berpengaruh yang membentuk rock and roll.
 
Sayangnya, kisah perjalanan Nirvana dan Cobain berakhir tragis. Pada 1 Maret 1994, setelah melaksanakan tur di München, Jerman, Cobain didiagnoisa mengidap bronkitis dan laringitis kronis. Keesokan harinya, Cobain dilarikan ke Roma, Italia dan dijenguk oleh istrinya, Courtney Love pada 3 Maret 1994. Love menemukan Cobain yang tidak sadarkan diri karena overdosis oleh sampanye dan obat Rohypnol. Cobain dibawa ke rumah sakit dan setelah lima hari dinyatakan sudah sehat kembali. Menurut Love, peristiwa ini menjadi upaya bunuh diri pertama Cobain.
 
Cobain yang sedang melakukan program rehabilitasi di Exodus Recovery Center melarikan diri dengan memanjat pagar, lalu pergi ke Seattle dengan menggunakan pesawat. Pada tanggal 8 April 1994, seorang tukang listrik menemukan jasad Cobain di rumahnya di Lake Washington Boulevard. Ditemukan sebuah kertas berisi surat bunuh diri Cobain, dan pihak autopsi menyatakan Cobain bunuh diri pada tanggal 5 April 1994 dengan menggunakan senjata api.
 
Sudah hampir mendekati 3 dekade setelah kematian musisi tersebut, namun masih banyak penggemar setianya yang mengenang sosok Cobain lewat lagu-lagu Nirvana.
 
(Yahya Nadim Oday)
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif