Rian Ekky Pradipta--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
Rian Ekky Pradipta--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.

Rian D’Masiv: Jadikan Musik Seperti Udara

Hiburan rian dmasiv
K. Yudha Wirakusuma • 02 Juli 2019 14:49
Berbagai cara dilakukan Rian D'Masiv untuk memompa semangat musisi muda. Salah satunya dengan cara berdiskusi.
 

Jakarta: Berbekal informasi dari media sosial, saya pun berangkat menuju food update di Jalan Raya Ciledug, Jakarta Selatan. Cukup menghabiskan 15 menit untuk menuju lokasi tersebut. Soda gembira belum sampai, pemilik cafe pun menyalami saya. Malam itu sang vokalis D’Masiv bakal berbagi ilmu dan pengalamannya untuk komunitas musisi di Ciledug dan sekitarnya.
 
Diskusi pun berjalan, isinya tak lain kalimat-kalimat penyemangat untuk para musisi yang tengah berjuang dengan warna musiknya masing-masing.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lima menit awal, Rian menumpahkan pengalamannya di hadapan peserta diskusi. Menurutnya pengetahuan soal musik penting bagi pelaku musik. Dia menganggap perbendaharaan musik bakal memperkaya karya.
 
“Sebelum nyemplung ke politik, saya sering ngobrol sama Mas Dhani Dewa. Saya penasaran kenapa Mas Dhani bikin lagu enak banget. Pertama, memang produksinya albumnya mahal. Tapi itu bukan satu-satunya faktor. Menurut saya karena Mas Dhani pengetahuannya ‘gila’. Kaset, piringan hitam banyak,” kata Rian, belum lama ini.
 
Jadikan Musik Sebagai Kebutuhan
 
Menurutnya, visi dan misi personil band harus ditekankan sejak awal. Sehingga tujuan kita sama. “Kita harus memulai sesuatu dengan keyakinan enggak boleh setengah-setengah. Nyanyi dengan sepenuh hati. Jadikan musik sebagai kebutuhan. Terkenal dapat uang banyak itu bonus,” terangnya.
 
Menurutnya, kebutuhan itu seperti udara yang tiap hari kita hirup. Rian yakin karya yang diciptakan akan mendapat tempat di hati orang. “Kalau ada dua orang yang nonton kita hibur saja. Jangan remehkan penonton. Jangan 'lemas' mainnya, mulai dari dua orang yang nonton enggak apa-apa,” paparnya.
Rian D’Masiv: Jadikan Musik Seperti Udara
Rian Ekky Pradipta--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
 
Sering-sering bercermin

 
Kaca dijadikan media untuk Rian untuk memompa kepercayaan diri. Menurutnya, dengan berkaca kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan kita.
 
“Biasanya ekspresi pas ngaca. Nyanyi sambil ngaca. Jangan takut dikira orang gila. Bayangkan saja saat ngaca itu kita berada di depan penonton. Kita latihan. Kalau kita engggak ngaca kita enggak tahu. Banyak-banyak ngaca, kita tahu angle mana yang kita tonjolin,” sarannya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif