Jumpa pers Nagadigit (Foto: dok. nagaswara)
Jumpa pers Nagadigit (Foto: dok. nagaswara)

Fitri Carlina Bisa Manggung di Luar Negeri Berkat Hal Ini

Elang Riki Yanuar • 25 Juni 2022 08:00
Jakarta: Peran media sosial dan digital platform begitu berperan penting bagi karier seorang musisi. Tak hanya bisa mendekatkan sang musisi dengan penggemar, tapi juga membuat karya mereka menjangkau publik lebih luas lagi.
 
Hal itulah yang dirasakan penyanyi Fitri Carlina. Penyanyi lagu "ABG Tua" itu merasakan dampak positif ketika mengunggah lagunya di Youtube sehingga bisa didengar oleh penikmat musik mancanegara.
 
Karena itulah, Fitri sengaja memiliki saluran Youtube sendiri. Langkah itu dianggap Fitri harus diikuti penyanyi lain yang ingin karyanya menggaung hingga luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aku bisa berkesempatan untuk beberapa kali tampil di event besar Amerika karena basic-nya mereka lihat di channel aku karena sekarang itu artis dituntut untuk memiliki channel sendiri," kata Fitri Carlina dalam keterangan tertulisnya.
 
Berkat kanal Youtube-nya, Fitri Carlina bisa tampil di luar negeri. Saluran Youtube Fitri mulai melesat setelah dia bergabung dengan Nagadigit.
 
Di sisi lain, Fitri mengakui penghasilannya di Youtube masih kalah daripada honornya manggung. Meski begitu, Fitri tetap bersyukur karena Youtube tetap memberikan dia pendapatan.
 
"Kalau hasil secara monetize mungkin masih berjuang ya dibandingkan dengan show nyanyi aku. Cuma, kalau punya YouTube channel sendiri itu tidak hanya mencari cuan tapi menjadi wadah untuk berkreasi dan mengeluarkan karya kita," jelasnya.
 
Nagadigit adalah jaringan Multi Channel Network penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan sejumlah kanal YouTube untuk menawarkan layanan seperti pengembangan penonton, pemograman konten, kolaborasi kreator, manajemen hak digital, monetisasi, dan penjualan.
 
Kerja sama label rekaman Nagaswara dan Pragita Prabawa Pustaka itu memegang lisensi dari beberapa penyanyi dan komposer. Sebut saja Fitri Carlina, Denny Caknan, Tri Suaka, NdarBoy Genk, Happy Asmara, dan masih banyak lagi.
 
"Setelah YouTube channel aku bergabung dengan Nagadigit itu perkembangannya luar biasa. Tahun lalu itu, YouTube channel-ku masih 10.000 subscribers dan di tahun ini setelah setahun berkembang sudah 162.000 subscribers," kata Fitri.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif