Ernest Prakasa (Foto: MI/Sumaryanto)
Ernest Prakasa (Foto: MI/Sumaryanto)

HARI FILM NASIONAL

Cara Sineas Bertahan Hidup Siasati Teror Korona di Industri Film

Hiburan Hari Film Nasional
Dhaifurrakhman Abas • 30 Maret 2020 08:00
Jakarta: Sutradara dan Komika, Ernest Prakasa, punya cara bijaksana dalam menyikapi waktu luang di tengah aturan social distancing virus korona. Dia memberikan endorsement bisnis kuliner di Instagramnya secara gratis.
 
“Mulai kemaren sudah mulai ngerjain untuk ngebantuin teman-teman yang usaha kuliner dan ojek online. Promosikan makanan-makanan yang bisa delivery order,”kata Ernest ketika berbincang dengan Medcom.id, Sabtu 28 Maret 2020.
 
Ernest mengatakan, kuliner merupakan salah satu bisnis yang terdampak kerugian kebijakan social distancing. Para pebisnisnya merugi lantaran tak ada masyarakat yang berkunjung ke restoran di tengah pandemi. Sementara laju biaya operasional jalan terus.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Karena dengan adanya krisis ini, biaya operasional harus dibayar, kemudian biaya gaji karyawan juga harus dibayar, jadi, gue lebih mengutamakan yang punya beban besar sih. Jadi restoran terutama restoran kecil yang mungkin sekarang lagi struggling,” ucapnya.
 
Dalam sehari Ernest biasa mempromosikan tiga merk bisnis kuliner secara gratis. Hingga kini Ernest sudah menerima lebih dari 400 permintaan endorsement yang akan dipromosikannya.
 
“Ini hari kedua, perhari tiga. Jadi so far udah enam. Yang masuk ke email sudah sekitar 400an pendaftaran yang harus gue seleksi tiap hari tiga gitu. Yang penting punya tempat, dan terdaftar di platform ojek online supaya gampang pesannya, terus punya akun Instagram,” papar dia.
 
Selain itu, Ernest juga berkreasi menggelar topik pembicaraan bertajuk Writers Talks melalui fitur Instagram Live. Topiknya membahas metode-metode penulisan bersama para penulis naskah professional.
 
“Mulai kemaren juga mulai bikin writers talk, episode yang pertama Ika Natassa tadi live di IG bareng Asma Nadia, nanti videonya juga bakal gue upload di IG tv. So far itu sih,” ujar pria 38 tahun tersebut.
 
Kegiatan-kegiatan positif dilakukan Ernest bukan tanpa alasan. Menurut dia, saling membantu merupakan hal terpenting yang harus dilakukan seluruh elemen masyarakat di situasi kritis seperti saat ini.
 
Terlebih Ernest belakangan memiliki banyak waktu luang untuk saling membantu lantaran kesibukannya sebagai publik figur terhenti karena dampak wabah korona.
 
“(Sehingga) Kesibukannya menyibukkan diri dengan berusaha untuk buat sesuatu yang bermanfaat,”ungkapnya.
 

Dampak Ekonomi
 
Wabah virus korona yang melanda Tanah Air juga membuat Ernest merugi. Beberapa job yang biasa dia lakoni terpaksa dibatalkan karena aturan social distancing.
 
“Sebagai standup komedian, job MC, job talkshow semua sudah dibatalin, jadi, ya untuk penghasilan dari panggung praktis berhenti,“ aku Ernest.
 
Belum lagi larangan melakukan kegiatan syuting yang telah diberlakukan. Kontan membuat pendapatan Ernest yang biasa dia terima untuk bidang itu terputus untuk beberapa bulan ini.
 
“Kegiatan syuting juga semua sudah dibekukan. Jadi kalau dibilang pendapatan ya mandek. Mengandalkan tabungan. Ya paling adalah dari endorse buzzer, promosi online di Instagram atau Twitter masih ada yang jalan sih. Tapi di panggung dan film udah berhenti,” terang Ernest.
 
Ernest mengaku rugi puluhan juta. Namun Ia mafhum karena keputusan social distancing dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus korona.
 
"Ya mungkin dikisaran, job-job gitu (MC, standup comedy), (nominalnya) puluhan juta, enggak yang bombastis juga sih. Paling di nominal segitu,”tutur dia.
 
Ernest cukup beruntung karena pandemi virus korona tidak memengaruhi produksi filmnya. Kebetulan Ernest baru berencana memproduksi film di akhir tahun 2020.
 
“Kalau gue sendiri memang film gue di akhir tahun kan. Jadi memang belum mulai, belum masuk produksi di semester kedua. Jadi masih wait and see,” ungkap Ernest.
 

Bioskop Tutup
 
Imbas wabah korona juga membuat sejumlah bioskop di Tanah Air termasuk di Jakarta, berhenti beroperasi terhitung 23 Maret 2020. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta No 60/SE/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata Dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).
 
“Akibatnya banyak film yang ditarik (kemudian dirilis ulang),”papar dia.
 
Menurut Ernest, tentu saja social distancing menjadi masa yang sulit terhadap industri film Indonesia. Namun dia mendukung langkah penutupan bioskop di situasi seperti ini lantaran ini cara terbaik yang bisa dilakukan.
 
“Udah benar tutup. Karenakan sepi anyway, maksudnya beban operasionalnya listrik segala macem juga besar, jadi memang gue lebih setuju tutup sih. Karena penontonnya enggak ada,” kata Ernest.
 
Tak hanya di Indonesia, pemerintah negara Tiongkok juga memerintahkan untuk menutup kembali lebih dari 500 bioskop yang telah buka pada awal pekan ini. Penutupan itu menyusul kemunculan 53 kasus baru warga yang positif virus korona Tiongkok setelah beberapa warganya berpergian ke luar negeri. Penutupan kembali bioskop bertujuan untuk mencegah meluasnya penularan virus.
 
Sebab itu, Ernest berharap hal serupa tak terjadi di Indonesia. Dia pun berharap pandemi virus korona bisa segera minggat dari Tanah Air dan dunia.
 
“Semoga virusnya segera lewat, jumlah korban bisa diendalikan, semoga dalam waktu dekat,"tutur dia.
 
Ernest pun mengimbau pemerintah memerhatikan arus mudik yang kerap terjadi menjelang lebaran. Ini bisa menjadi media penularan virus jika wabah korona belum terselesaikan di Indonesia.
 
"Pemerintah bisa lebih tegas. Juga untuk urusan mudik karena ini bisa jadi ledakan kasus, kita tahu bahwa pusatnya korona ada di Jakarta. Kalau misalkan orang Jakarta, jutaan, mudik ke seluruh daerah di Indonesia, enggak kebayang ngerinya kayak apa (penularan). Jadi semoga mudik bisa tertahankan,” tandas dia.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif