Pada Selasa, 6 Mei 2025, Kemendag memanggil pihak promotor, Mecimapro, penjual tiket resmi, Tiketcom, dan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) untuk mengklarifikasi keluhan para penggemar DAY6 yang disapa MYDAY.
Banyak dari mereka yang melakukan pengaduan ke Kemendag terkait masalah refund tiket konser, perubahan lokasi acara yang berdampak pada penataan kursi, hingga masalah akomodasi yang dialami MYDAY.
"Pemanggilan ini bertujuan mengklarifikasi dan menindaklanjuti pengaduan konsumen terkait pembelian tiket konser Day6 '3rd World Tour Forever Young' yang digelar pada Sabtu lalu (3 Mei) di Jakarta," tulis Kemendag dalam akun X resminya.
Baca juga: Ernest Prakasa Klarifikasi Kabar Film Agak Laen Bakal Diadaptasi ke Versi Korea |
Dengan pemanggilan ini, Kemendag menunjukkan komitmennya untuk mengawal proses pengembalian dana tiket konser DAY6 di Jakarta. Mereka memastikan bahwa setiap pembeli tiket konser DAY6 akan mendapatkan haknya.
"Kemendag akan mengawal proses pengembalian dana tiket konser ini serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaku usaha untuk menjamin dipenuhinya hak dan kewajiban konsumen," tegas Kemendag.
Bagi penggemar DAY6 yang merasa dirugikan, Kemendag mengimbau untuk segera mengajukan pengaduan melalui Direktorat Pemberdayaan Konsumen melalui saluran Whatsapp 085311111010 dengan melampirkan bukti pendukung.
Sementara itu, Direktur Mecimapro, Fransiska Melani, mengatakan bahwa proses refund tiket konser DAY6 Jakarta ditargetkan selesai paling lambat akhir Mei 2025.
"Mecimapro berkomitmen untuk segera mempercepat pengembalian dana konsumen paling lambat akhir Mei 2025," kata Fransiska Melani dalam keterangan resmi yang dibagikan Kemendag.
Baca juga: Tantri Curhat Tak Bisa Nyanyikan Lagu Kotak Ciptaan Posan di Sidang MK |
Ia mengungkapkan bahwa progres refund tiket saat ini telah mencapai sekitar 30-40 persen dari total tiket yang terjual.
"Saat ini, progres pengembalian dana tersebut sudah mencapai kurang lebih 30-40 persen dari seluruh tiket yang terjual," ungkap Melani.
Pihak Mecimapro menjelaskan bahwa analisis data pembeli tiket memerlukan waktu, terutama karena adanya sebagian MYDAY yang telah membatalkan pengajuan refund atau memilih tetap menonton konser.
"Mecimapro memerlukan waktu untuk menganalisis data konsumen yang mengajukan pengembalian dengan yang memilih membatalkan pengajuan pengajuan dana atau tetap menonton konser," jelas Melani.
Dalam proses penjualan tiket, Mecimapro bekerja sama dengan Tiketcom sebagai platform resmi. Berdasarkan data dari Kemendag, Tiketcom telah berhasil melakukan refund tiket konser DAY6 kepada 40 persen pembeli dan menargetkan penyelesaian seluruh proses pada 14 Mei 2025.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News