Joko Anwar (Foto: twitter Joko Anwar)
Joko Anwar (Foto: twitter Joko Anwar)

Cerita Joko Anwar Bawa "Gundala" ke Festival Film Internasional Toronto

Hiburan joko anwar Film Gundala Putra Petir
Medcom • 11 September 2019 17:30
Jakarta: Gundala, film karya Joko Anwar masuk dalam pemutaran film di Festival Film Internasional Toronto di Kanada. Terlihat Joko Anwar sudah tiba di Toronto seperti yang dia unggah di akun Twitter-nya.
 
"Baru sampai Toronto nih, teman-teman! Baru saja dijemput di bandara. Ntar aku update #GundaladiToronto ya. Sekalian mau share gimana kalo ikut festival film," seperti yang diunggah di Twitter @jokoanwar Senin, 9 September.
 
Joko mengatakan, jika ikut festival film, yang dilakukan adalah nonton banyak film yang belum tayang di tempat lain dan belum disensor. Setiap habis pemutaran, si pembuat film muncul buat tanya jawab dan itu selalu menjadi hal menarik bagi nya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biasanya, selain nonton film mereka juga sibuk bertemu dengan filmmaker dari negara lain sepanjang hari. Tidak jarang terjadi kerjasama untuk produksi film bareng, atau filmnya terjual untuk didistribusikan ke negara lain.
 
Menurutnya, festival film adalah event yang biasanya diadakan tiap tahun, dan menayangkan film. Berbeda dengan ajang penghargaan seperti Academy Awards, Golden Globes, atau FFI (Festival Film Indonesia) yang hanya membagikan penghargaan.
 
Festival film akan menyeleksi film-film yang akan diputar di festival mereka. Semakin bergengsi festivalnya, semakin ketat juga seleksinya. Film-film ini mereka dapatkan dari yang daftar secara resmi, atau hasil 'hunting' para programmer-nya.
 
"Ikut festival film internasional memang mengasyikkan karena artinya film kita bisa ditonton oleh audience yang lebih luas. Apalagi biasanya sineasnya diundang dengan tiket, akomodasi dibayari festival. Beberapa kasih uang saku. Keliling dunia gratis," kata Joko, pada cuitan di Akun Twitter nya, @jokoanwar.
 
Sebelumnya, film karya Joko Anwar lainnya, A Copy of My Mind pernah masuk Festival Film Venice. Namun, di Festival Film Internasional Toronto ini atmosfernya lebih rileks.
 
Salah satu aktor Avengers yang memerankan Captain America, Chris Evans terlihat hadir di Festival Film Internasional Toronto tersebut. Ia juga menyambut para penggemarnya, salah satunya dengan cara menandatangani buku.
 
Pada unggahan Twitter Joko Anwar, di beberapa sudut kota Toronto, banyak orang yang sedang antre film atau bergegas menikmati screening. Toronto adalah festival film untuk rakyat, jadi semua bisa beli tiket untuk nonton. Beda halnya dengan Cannes, kebanyakan screening film nya melalui undangan.
 
(Azhar Bagas Ramadhan)
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif