Salah satu adegan dalam film The East (Foto: New Amsterdam Film Company/Milan Van Dril)
Salah satu adegan dalam film The East (Foto: New Amsterdam Film Company/Milan Van Dril)

Sinopsis The East, Film tentang Perang Indonesia-Belanda

Sunnaholomi Halakrispen • 07 Agustus 2021 18:24
Jakarta: Film The East (De Oost) telah tayang di Mola TV mulai hari ini, Sabtu, 7 Agustus 2021. Film ini menceritakan tentang peristiwa perang antara Indonesia dengan Belanda usai Perang Dunia II.
 
Film yang disutradarai oleh Jim Taihuttu ini berlatar tahun 1946. Tepatnya, ketika pasukan Belanda kembali ke Indonesia, meskipun Indonesia telah dinyatakan merdeka dari penjajahan Belanda.
 
The East menggambarkan kisah prajurit muda Belanda bernama Johan de Vries (diperankan oleh Martijn Lakemeier). Ia bergabung dengan unit elit yang dipimpin oleh seorang kapten misterius yang dikenal sebagai The Turk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapten itu bernama Raymond Westerling (diperankan oleh Marwan Kenzari). Westerling adalah pemimpin satuan khusus militer Belanda yang melawan pasukan anti-gerilya di Sulawesi Selatan.
 
Johan menjadi tentara muda ditugaskan untuk menetap di Semarang, Jawa Tengah. Ketika sedang menjalankan tugasnya, ia berkomunikasi dengan warga sekitar.
 
Seiring berjalannya waktu, muncul kedekatan emosional yang membuat hubungan Johan dengan masyaratkat Indonesia berubah. Ia juga sempat jatuh hati kepada salah satu perempuan yang tinggal di tempat itu.
 
Di sisi lain, Johan awalnya mengagumi kepemimpinan Westerling. Namun akhirnya, ia pun menyadari sikap kejam Westerling dalam membantai masyarakat pribumi, hal yang selama ini tidak dilihatnya.
 
Film The East turut diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia. Mereka adalah Lukman Sardi, Putri Ayudya, Ence Bagus, dan Yayu Unru. 
 
The East tayang perdana di Festival Film Belanda pada 25 September 2020. Kemudian, rilis secara nasional di Belanda pada akhir tahun 2020. Kini, film ini dapat disaksikan sepuasnya di Mola TV.
 

 
(PEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif