Joko Anwar di Jakarta Pusat, Sabtu, 21 September 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Joko Anwar di Jakarta Pusat, Sabtu, 21 September 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jumlah Penonton Gundala Lampaui Ekspektasi Joko Anwar

Hiburan film gundala
Cecylia Rura • 22 September 2019 11:05
Jakarta: Penulis sekaligus sutradara Joko Anwar mengaku puas dengan capaian angka penonton film Gundala. Mengutip laporan terakhir dari laman Filmindonesia.or.id, Sabtu, 21 September 2019, Gundala meraih 1,6 juta penonton.
 
"Puas karena tadinya memang kita ekspektasinya lebih rendah dari itu, melebihi target kita sebenarnya. Jadi, Alhamdulillah," kata Joko Anwar di Jakarta Pusat, Sabtu, 21 September 2019.
 
Capaian ini membawa Gundala menduduki posisi keenam dalam daftar film terlaris sepanjang 2019 saat ini, melampaui jumlah penonton Bumi Manusia, Preman Pensiun, Orang Kaya Baru, Ghost Writer, dan Yowis Ben 2 yang berada di barisan capaian 1 jutaan penonton.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain puas, capaian ini dimaklmumi sang penulis dan sutradara karena genre superhero belum familiar di Indonesia. Berbeda dengan film horor yang cepat laris dalam hitungan pekan.
 
"Tentunya dengan catatan karena film genre superhero belum banyak di Indonesia. Kita harus memberikan pengenalan kepada para penonton. Karena cara berceritanya beda, jadi kita akan sedikit demi sedikit membuat penonton terbiasa dengan genre superhero dan cara bercerita yang sesuai dengan film," jelasnya.
 
Gundala membuka cerita Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1 sekaligus memperkenalkan barisan adisatria lain yang bersinggungan. Gundala adalah karakter ciptaan Harya Suraminata alias Hasmi dan muncul perdana dalam komik Gundala Putra Petir rilisan 1969.
 
Film Gundala berkisah tentang adisatria berkekuatan petir bernama Sancaka. Joko Anwar mengadaptasi karakter ini dan mengembangkan ceritanya mengawali Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1. Setelah Gundala, Sri Asih siap difilmkan tahun 2020.
 
Film Gundala diproduksi atas kerja sama Bumilangit Studios, Screenplay Films, dan Legacy Pictures. Gundala tayang perdana di bioskop Indonesia pada 29 Agustus 2019 kemudian diputar di Toronto International Film Festival (TIFF) 2019.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif